Sport
Minggu, 16 Juli 2017 - 21:25 WIB

Debut Mengecewakan Lukaku Bersama MU

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Romelu Lukaku (JIBI/REUTERS/Lucy Nicholson)

Romelu Lukaku sudah menjalani pertandingan pertama bersama Manchester United.

Solopos.com, CARSON — Cinta pada pandangan pertama. Itulah yang sebenarnya diharapkan fans Manchester United  terhadap Romelu Lukaku ketika melakoni debut berkostum tim berjuluk Setan Merah tersebut.

Advertisement

Namun, justru rasa kecewa yang melanda pendukung Setan Merah setelah menyaksikan performa Lukaku pada laga debut-nya melawan Los Angeles (LA) Galaxy pada tur pramusim di Stubhub Centre, Carson, California, Minggu (16/7/2017) pagi WIB. Pemain yang dibeli dari Everton dengan harga 75 juta poundsterling (RP1,2 triliun) tersebut bukan hanya gagal mencetak gol, ia juga tak mampu memanfaatkan peluang emas.

Penampilan Lukaku sontak dibanding-bandingkan dengan produk akademi United, Marcus Rashford, yang memborong dua gol pembuka Setan Merah ke gawang Galaxy. Rashford sebenarnya memiliki kesempatan mencetak hattrick namun upanyanya digagalkan kiper lawan.

Manajer United, Jose Mourinho, memberi porsi menit tampil yang sama kepada Rashford dan Lukaku. Rashford dimainkan penuh di babak pertama, kemudian Lukaku di babak kedua. Berbeda dengan Rashford yang langsung moncer dengan dua gol dalam 20 menit pembuka, Lukaku sedikitnya membuang dua peluang yang diperolehnya di babak kedua.

Advertisement

Berbagai respon negatif tentang debut Lukaku beredar di media sosial. Namun, Mourinho bergeming. Eks bos Chelsea tersebut justru menilai Lukaku tampil lebih baik ketimbang Rashford dalam pertandingan yang dimenangi timnya dengan skor 5-2.

“Dia [Lukaku] tidak mencetak gol, namun dia bermain lebih baik dibandingkan para pemain yang mencetak gol. Hal yang bagus, dia merupakan pemain yang turun sebagai tim [tidak individualis] dan tidak mencemaskan dirinya sendiri. Dia cemas soal perkembangan tim,” jelas Mourinho, seperti dilansir Dailymail.co.uk.

Penampilan pertama Lukaku dengan United ini seolah bertolak belakang dengan aksi Wayne Rooney dalam debut keduanya untuk Everton. Rooney yang “bertukar posisi” dengan Lukaku mencetak gol brilian ketika melakoni debut keduanya bersama The Toffees, julukan Everton, belum lama ini.

Advertisement

“Mereka [Lukaku dan Rooney] tidak bisa dibandingkan. Rooney bagi kami bukan striker. Lukaku lebih pada target man bagi tim sebelumnya. Pada titik menyerang setiap orang yang membawa bola di barisan pertahanan. Dia benar-benar cepat,” jelas Mourinho.

Mourinho memang memainkan Rashford dan Lukaku secara terpisah masing-masing di  babak pertama dan kedua dengan format lone striker 4-2-3-1. Namun, pelatih asal Portugal itu tidak akan menutup kemungkinan untuk memainkan Lukaku dan Rashford  secara bersama pada musim depan. Salah satunya opsinya, yakni tetap menempatkan Lukaku sebagai target man sementara Rashford dipasang sebagai second striker atau penyerang pendukung dari posisi sayap.

“Hari ini Rashford berada di tim berbeda dengan Lukaku, namun kami juga akan berusaha untuk memasang bersama,  saya pikir itu bisa berjalan baik,” jelas Mourinho.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif