Jateng
Sabtu, 15 Juli 2017 - 23:50 WIB

RUMAH MURAH : Kriteria Konsumen FLPP Direvisi, Begini Reaksi REI…

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan (Rachman/JIBI/Bisnis)

Rumah murah bisa dimiliki lebih banyak kalangan seiring revisi kriteria konsumen rumah sederhana melalui program FLPP.

Semarangpos.com, SEMARANG — Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah menyambut baik revisi kriteria konsumen rumah sederhana melalui program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). “Kami menyambut baik karena artinya konsumen rumah subsidi bisa lebih luas,” kata Ketua REI Jawa Tengah MR Prijanto di Semarang, Kamis (13/7/2017).

Advertisement

Ia mengatakan, sebelumnya upah maksimal konsumen rumah sederhana atau subsidi yaitu Rp4 juta, dengan revisi tersebut masyarakat berpenghasilan di atas Rp7 juta bisa menikmati rumah bersubsidi. “Kalau sebelumnya kan untuk masyarakat dengan upah di atas Rp7 juta harus ke rumah menengah, yaitu di kisaran harga Rp250 juta. Dengan kebijakan ini tentu sangat menguntungkan para pengembang,” katanya.

Salah satunya, yaitu penjualan rumah sederhana menjadi lebih cepat. Selanjutnya, dapat diikuti oleh percepatan pembangun rumah sederhana oleh pengembang. Mengenai pembangunan rumah sederhana sendiri, pihaknya menargetkan pada tahun ini dapat terbangun sebanyak 6.500 unit rumah sederhana. “Kalau sejauh ini sudah terealisasi sekitar 40%, harapannya hingga akhir tahun dapat tercapai,” katanya.

Revisi kriteria terhadap batas atas penghasilan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia menyatakan kebijakan ini juga akan dilaksanakan melalui perubahan Peraturan Menteri PUPR tentang kemudahan atau bantuan perolehan rumah bagi MBR. Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Lana Winayanti mengatakan aturan tersebut segera diterapkan pada tahun depan menyusul selesainya draft perubahan Permen tersebut.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif