News
Sabtu, 15 Juli 2017 - 01:00 WIB

KISAH INSPIRATIF : Kendarai Sepeda, 8 Pria Inggris Berhaji Sambil Galang Dana Bagi Suriah

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Delapan pria Inggris yang berhaji dengan bersepeda (Alarabiya.net)

Delapan pria Inggris berhaji dengan bersepeda sambil menggalang dana untuk membantu korban perang Suriah.

Solopos.com, LONDON – Delapan pria muslim asal Inggris memiliki cara unik untuk pergi berhaji ke Tanah Suci. Mereka menempuh perjalanan jauh itu dengan bersepeda yang dimulai hari ini, Jumat (14/7/2017). Selama lima pekan ke depan, mereka bakal mengayuh sepeda dari London ke  Mekah, Arab Saudi.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari Al Arabiya, perjalanan itu dilakukan sekaligus menggalang dana untuk disumbangkan kepada korban perang di Suriah. Delapan pria itu berencana mengumpulkan uang sebanyak satu juta poundsterling sekitar Rp17 miliar untuk menyediakan perlengkapan kesehatan yang dibutuhkan korban.

“Perjalanan ini sekaligus menjadi cara kami membangun kepedulian untuk menolong korban perang di Suriah. Selama perjalanan kami akan mengajak setiap orang untuk menyumbang. Uang yang terkumpul akan kami gunakan untuk menyediakan bantuan medis bagi warga Suriah,” kata Abdul Wahid, Ketua Rombongan Hajj Ride.

Hajj Ride alias perjalanan mengayuh sepeda menuju ke Mekah itu akan ditempuh selama lima pekan. Guna sampai di tempat tujuan, mereka akan melewati 10 negara. Dalam perjalanan ini mereka akan melakukan tiga kali penyeberangan, yakni dari Inggris ke Prancis, Italia ke Yunani, dan Mesir ke Arab Saudi.

Advertisement

Meski jauh dan melelahkan, delapan pria itu sangat bersemangat memulai perjalanan itu. Mereka sengaja melakukan cara unik itu untuk mengembalikan esensi haji seperti yang diajarkan Nabi Muhammad.

“Hajj Ride adalah cara kami untuk mengembalikan esensi haji ke bentuk asalnya. Zaman dulu seseorang yang hendak berhaji harus melakukan perjalanan selama berbulan-bulan bahhkan bertahun-tahun. Tidak seperti saat ini yang sangat mudah dan menghilangkan sedikit semangat berhaji,” imbuh Abdul Wahid.

Menurut Abdul Wahid ada sekitar 40 orang yang mendaftar ikut Hajj Ride. Namun, setelah diseleksi pihaknya hanya memilih delapan orang dengan kondisi fisik kuat dan berhati baik. Mereka semua nantinya akan berkemah guna melepas lelah saat menempuh perjalanan sekitar 3.500 kilometer itu.

Advertisement

“Banyak orang yang mendaftar, namun hanya sedikit yang diterima. Kami memilih orang yang benar-benar siap. Sebab, akan ada banyak rintangan selama perjalanan. Di sanalah kesetiaan sebagai teman diuji. Kami harus saling mendukung dan mengerti satu sama lain guna mencapai tujuan,” terang dia.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif