Jogja
Jumat, 14 Juli 2017 - 02:40 WIB

TAHUN AJARAN BARU : Materi MOS Wajib Sisipkan Budaya Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Galih Eko Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas masa orientasi siswa (MOS). (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Dinyatakan intinya di hari pertama MOS ada proses penyerahan anak dari orang tua ke sekolah

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY meminta seluruh sekolah menengah atas dan kejuruan di DIY untuk menyisipkan materi pengenalan budaya Jogja selama masa orientasi siswa (MOS) 2017.

Advertisement

Kepala Bidang Perencanaan Disdikpora DIY Suroyo menyatakan instansinya sudah membuat surat yang ditandatangani Kepala Disdikpora DIY yang ditujukan ke SMA/SMK dan sekolah luar biasa di DIY terkait dengan MOS.

Dalam edaran, dinyatakan intinya di hari pertama MOS ada proses penyerahan anak dari orang tua ke sekolah. “Kemudian sekolah menerima anak tersebut sebagai siswa dengan memberikan berbagai penjelasan terkait dengan hak dan kewajiban, tata tertib sekolah itu yang harus dilaksanakan,” paparnya, Kamis (12/7/2017).

Selama tiga hari dilakukan pengenalan lingkungan sekolah. Kegiatan pengenalan itu mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2016 yang muaranya untuk memberikan pemahaman siswa terhadap sekolah sekaligus potensi dirinya.

Advertisement

Selama kegiatan berlangsung harus dalam pendampingan dan pemantauan para guru. “Prinsipnya adalah setiap kegiatan pengenalan lingkungan sekolah harus dalam pendampingan guru tidak boleh lepas, untuk mengantisipasi terjadi sesuatu,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif