Lifestyle
Kamis, 13 Juli 2017 - 05:00 WIB

WISATA SOLORAYA : Kampoeng Wayang dan Gunung Kotak Wonogiri, Berpertualan di Antara Bukit Kars

Redaksi Solopos.com  /  Alvari Kunto Prabowo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aktivitas pengrajin di Kampung Wayang . (Mariyana Ricky P.D./JIBI)

Kampoeng Wayang Kepuhsari memadukan wisata tradisi dan alam

Solopos.com, WONOGIRI — Wisata Soloraya khususnya Wonogiri mempunyai objek-objek wisata yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya, Kampoeng Wayang Desa Wisata Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Wonogiri.

Advertisement

Berjarak dua jam dari Kota Solo, perjalanan menuju Kampoeng Wayang penuh pengalaman menyenangkan, Selasa (11/7/2017). Rute paling singkat ke Desa Kepuhsari adalah melintasi Jl.Tawangsari-Manyaran yang ditempuh sekitar 70-an km.

 

Pengrajin menyelesaikan kerajinan wayang. (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)

Advertisement

Di desa ini, puluhan warganya bekerja sebagai pengrajin wayang, mulai dari proses awal penyamakan kulit hingga finishing. Selain itu, ada pula aktivitas melukis tokoh pewayangan di muka kaca, belajar memainkan gamelan, dan latihan pegelaran wayang.

Menurut penanggung jawab Kampoeng Wayang, Retno Lawiyani, terdapat sejumlah paket edukasi untuk belajar di Kampoeng Wayang.

Untuk siswa TK dan SD, misalnya, terdapat pelajaran mengenal tokoh wayang melalui permainan. Ada juga paket homestay jika aku menjadi yang bertujuan mengajak anak merasakan kehidupan masyarakat desa wayang.

Advertisement

“Paket itu dilengkapi makan setiap hari dengan hidangan kuliner desa seperti bothok daun racun, oblok-oblok, dan sayur lombok,” kata dia, Selasa.

 

Gunung Kotak memiliki bebatuan berbentuk mirip lesung. (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)

Gunung Kotak

Seusai menikmati wisata tradisi di Kampoeng Wayang,

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif