Jogja
Kamis, 13 Juli 2017 - 16:20 WIB

PPDB 2017 : Jurusan Sepi Peminat Diprioritaskan Beasiswa

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pendaftaran Siswa SMK (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Disdikpora DIY akan memprioritaskan pemberian bantuan seperti beasiswa bagi sejumlah jurusan yang sepi peminat

Harianjogja.com, JOGJA – Disdikpora DIY akan memprioritaskan pemberian bantuan seperti beasiswa bagi sejumlah jurusan yang sepi peminat sehingga bisa menarik calon siswa untuk mendaftar.

Advertisement

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan, langkah pemberian beasiswa bagi pelajar yang memilih jurusan SMK sepi peminat dinilai bisa menjadi sebagai motivasi.

Dengan diberikan bantuan diharapkan calon siswa tertarik untuk memilih jurusan yang tren peminatnya terus menurun. “[Pemberian beasiswa] Itu bisa dilakukan walaupun beasiswa itu masih bersifat umum,” ungkap Aji, Rabu (12/7/2017).

Ia mengatakan pihaknya sudah memberikan perhatian khusus terhadap sejumlah jurusan dengan tujuan agar tetap bertahan dan tidak ditutup. Sejumlah jurusan itu, seperti kelautan dan pertanian yang sebenarnya dibutuhkan masyarakat namun sepi peminat.

Advertisement

Selain itu, dukungan anggaran seperti beasiswa juga diberikan pada jurusan seni. Bahkan seperti jurusan seni pedalangan, berapapun jumlah siswanya tetap dibuka setiap tahun. Selain itu pemerintah secara khusus memberikan bantuan karena praktik pedalangan butuh biaya yang tidak sedikit.

“[Jurusan yang perlu dukungan beasiswa] Mungkin seperti kelautan, seni. Pedalangan, karawitan dan sejenisnya itu bisa kita dukung dan kami berikan perlakukan khusus. Karena seorang lulusan yang mau tes atau ujian mendalang itu mahal karena harus ditanggap, dia harus membawa niyogo, gamelan dan lainnya. Itu mahal dan harus kita support,” tegasnya.

Namun untuk tahun ini, kata dia, seperti SMKI Sewon, kuotanya dinilai sudah terpenuhi. Ia mengakui, susahnya mencari siswa untuk bisa masuk ke seni pedalangan.

Advertisement

“Tetapi yang paling susah cari siswa ya pedalangan, makanya pedalangan itu berapapun yang kita terima. Tidak pernah sekolah itu kita tutup, misalnya tahun ini pedalangan hanya dapat dua siswa ya tetap jalan. Nggak mudah cari dalang,” kata dia.

Advertisement
Kata Kunci : PPDB 2017
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif