News
Rabu, 12 Juli 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 12 Juli

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penampilan Mick Jagger, Keith Richards, Brian Jones, Dick Taylor, dan Ian Stewart dalam acara musik bertajuk The Rollin’ Stones di Marquee Club, London, Inggris, 1962. (Rollingstones.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 12 Juli, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 12 Juli. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 12 Juli, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

1191
Pengepungan Acre di Acre, Palestina yang dilancarkan Tentara Salib sejak Agustus 1189 berakhir. Peristiwa yang terjadi pada masa Perang Salib Ketiga itu berhasil dimenangi Tentara Salib setelah pasukan pimpinan Sultan Salahuddin Ayyubi yang menguasai Acre menyerah.

Lukisan Mehmed II. (Alfatihpress.com)

Advertisement

Lukisan Mehmed II. (Alfatihpress.com)

1470
Pasukan Kesultanan Ottoman pimpinan Sultan Mehmed II berhasil merebut wilayah Euboea dari kekuasaan Republik Venesia. Invasi pasukan Kesultanan Ottoman itu lantas berlanjut ke wilayah lain di sekitar Euboea.

Henry VIII. (Englishhistory.net)

Advertisement

1913
Pasukan Kerajaan Serbia mulai menyerang Kota Vidin di wilayah Kerajaan Bulgaria. Peristiwa yang terjadi pada masa Perang Balkan Kedua itu berlangsung selama kurang lebih sepekan. Meski dikepung selama sepekan, pasukan Kerajaan Bulgaria berhasil mempertahankan Kota Vidin.

1918
Kapal perang milik Jepang, Kawachi, meledak di perairan sebelah barat Honshu, Jepang setelah gudang amunisinya meledak. Peristiwa itu menewaskan 621 awak kapal. Semasa Perang Dunia I, Kawachi sangat berjasa dalam kemenangan Jepang dalam Pertempuran Tsingtao melawan Jerman.

1920
Perjanjian Damai Lutania-Uni Soviet ditandatangani di Moskow, Rusia. Dari perjanjian itu, Uni Soviet mengakui kemerdekaan Lituania dari Polandia yang dideklarasikan pada 16 Februari 1918.

Advertisement

1943
Pertempuran antara pasukan Jerman dan pasukan Uni Soviet meletus di Prokhorovka, Rusia. Kini, pertempuran itu dikenang sebagai bentrok terbesar yang melibatkan kendaraan lapis baja sepanjang sejarah peperangan.

1962
Mick Jagger, Keith Richards, dan Brian Jones yang tergabung dalam grup band Little Blue & The Blue Boys tampil dalam acara musik bertajuk The Rollin’ Stones di Marquee Club, London, Inggris bersama Dick Taylor dan Ian Stewart. Pertemuan lima musisi itu lantas menjadi cikal bakal terbentuknya band legendaris bernama The Rolling Stones. Hingga kini, The Rolling Stones sudah meluncurkan 25 album studio.

Monumen Nasional (Monas). (Easybook.com)

Advertisement

1975
Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Indonesia resmi dibuka untuk umum setelah pembangunannya rampung sepenuhnya. Monas didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia-Belanda. Monumen setinggi 132 meter itu mulai dibangun pada 17 Agustus 1961.

Tim Nasional Prancis meraih gelar juara Piala Dunia FIFA 1998. (Fifa.com)

1998
Untuk kali pertama, Prancis berhasil meraih gelar juara Pala Dunia FIFA. Prancis yang menjadi tuan rumah berhasil membekuk Brasil di partai final dengan skor telak, 3-0. Tiga gol Prancis diciptakan Zinedine Zidane pada menit ke-27 dan ke-46, serta Emmanuel Petit di menit ke-90. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 11 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 10 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 Juli

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif