Sport
Selasa, 11 Juli 2017 - 16:25 WIB

BURSA TRANSFER : Sejumlah Agen Minta Regulasi Transparansi ke FIFA

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mino Raiola (The Sun)

Bursa transfer diwarnai dengan transfer yang tak transparan.

Solopos.com, SOLO – Lantai bursa transfer musim panas layaknya arena permainan bagi para agen pemain. Mereka sibuk menawarkan klien mereka ke klub-klub kaya-raya yang rela merogok kocek dalam-dalam. Tak sedikit dari mereka yang akhirnya mengantongi fee besar setelah berhasil menjual sang pemain ke klub lain.

Advertisement

Namun sejumlah agen melihat transparansi mulai langka dalam persoalan transfer pemain. Seorang agen pemain dari Italia, Giovanni Branchini, mengatakan dirinya dan sejumlah rekan seprofesinya meminta FIFA untuk membuat aturan khusus. Sayang, menurut Branchini, organisasi tertinggi di dunia itu masih bergeming.

“Tujuh puluh persen transfer tidak terjadi secara resmi? Itu fantasi. Sebuah klub atau pemain tidak pernah dihukum. Untuk mengatur industri ini, dibutuhkan kontrol yang intens,” jelas Branchini, seperti dilansir Football-italia.net, Senin (10/7/2017).

Sosok Mino Raiola menjadi agen yang paling disorot dalam beberapa tahun terakhir. Pria berusia 49 tahun tersebut semakin populer setelah menjual Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United dengan memecahkan rekor transfer dunia senilai 89 juta poudsterling pada musim panas lalu.

Advertisement

Tak berhenti sampai di situ, Raiola juga menjadi sosok sentral dalam kasus kiper Milan, Gianluigi Donnarumma. Pria kelahiran Italia itu disebut-sebut berniat menjual Donnarumma ke klub lain alih-alih mendukung sang pemain memperpanjang kontrak di AC Milan, tentu dengan daya tawar gaji yang besar.

“Sekarang federasi harus mengumpulkan data pendapatan agen dan analisis performa mereka. Kami jamin adanya kolaborasi maksimal dan kami telah menjadi mitra FIGC [Federasi Sepak Bola Italia],” urai Branchini.

Kepopuleran Raiola sepertinya mulai menyaingi superagen lainnya, Jorge Mendes yang menangani Cristiano Ronaldo hingga pelatih sekaliber Jose Mourinho. Dalam data Marca, selama kariernya, Mendes berhasil menjual pemain dengan banderol total 865 juta euro seperti transfer Ronaldo, Radamel Falcao, Diego Costa, Angel Di Maria, Bernardo Silva, James Rodriguez, hingga terbaru kiper Ederson yang dilego ke Manchester City musim panas ini.

Advertisement

Sementara Raiola mampu menjual pemain dengan nilai total 583 juta euro dengan klien seperti Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhitaryan, Pogba, dan paling gres transfer Romelu Lukaku dari Everton ke Manchester United berbanderol 75 juta poundsterling (Rp1,2 triliun).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif