Jogja
Senin, 10 Juli 2017 - 10:19 WIB

Usai Lebaran, Penjualan Emas Melonjak Tajam

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi emas batangan. (JIBI/Bisnis)

Pasca Lebaran, penjualan emas melonjak tajam

Harianjogja.com, JOGJA-Pasca Lebaran, penjualan emas melonjak tajam. Diprediksi, kondisi ini diperkirakan terjadi sampai Agustus mendatang.

Advertisement

Kepala Butik Emas Logam Mulia PT Antam Cabang Jogja Joko Kurniawan mengatakan, lonjakan penjualan emas batangan cukup signifikan. “Sabtu [8/7/2017] kemarin saja ada 20 transaksi lebih dan rata-rata perorangannya 10 gram,” katanya pada Harianjogja.com, Minggu (9/7/2017).

Kondisi itu jauh berbeda dari hari biasa. “Untuk jumlah transaksi naik 50 persen dibandingkan hari biasa,” lanjutnya.

Naiknya transaksi emas menurutnya membuktikan bahwa ekonomi di Jogja sedang dalam kondisi baik. Sebab, masyarakat masih bisa menyisihkan sebagian uangnya untuk berinvestasi.

Advertisement

“Mungkin sampai Agustus ya [terjadi kenaikan transaksi penjualan emas] karena Jogja kan masih ramai nih orang liburan sampai nanti tahun ajaran mahasiswa baru,” katanya.

Menurutnya, banyaknya transaksi tersebut karena banyak orang yang memanfaatkan sisa uang tunjangan hari raya (THR) sehingga digunakan untuk investasi emas. Bisa juga mereka secara khusus menyisihkan untuk berinvestasi emas.

Ia juga berpendapat bahwa momentum Lebaran yang terjadi bersamaan dengan tahun ajaran baru tidak menyebabkan masyarakat mengurungkan niatnya berinvestasi. Menurutnya kebutuhan investasi sudah dialokasikan secara terencana.

Advertisement

Lonjakan transaksi emas juga sudah diprediksi sebelumnya oleh karyawan Toko Emas Tirta Mas Pasar Kranggan Dwi Haryanto. Ia mengatakan,
tren peningkatan penjualan emas pasca Lebaran selalu terjadi setiap
tahun. “Mereka habis dapat fitrah langsung dibelikan emas biasanya,”
katanya.

Advertisement
Kata Kunci : Emas Batangan Harga Emas
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif