Jogja
Senin, 10 Juli 2017 - 02:20 WIB

LIBUR LEBARAN 2017 : Ada 8 Mall di Jogja, Keramaian Merata

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung berburu diskon di Hartono Mall, Selasa (20/6/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Liburan panjang Lebaran memberikan dampak terhadap pertumbuhan trafik di pusat-pusat perbelanjaan di Jogja

Harianjogja.com, JOGJA-Liburan panjang Lebaran memberikan dampak terhadap pertumbuhan trafik di pusat-pusat perbelanjaan di Jogja. Kepadatan pengunjung selama libur Lebaran lalu merata sesuai dengan segmen market masing-masing.

Advertisement

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia APPBI) Surya Ananta kepada Harianjogja.com. Ananta mengatakan pusat perbelanjaan di Jogja terus mengalami pertumbuhan yang signifikan.

“Dibandingkan periode sekian tahun lalu, di mana dulu Jogja hanya memiliki tiga mal, sekarang bertumbuh menjadi delapan mal,” ujar Ananta, Minggu (9/7/2017).

Advertisement

“Dibandingkan periode sekian tahun lalu, di mana dulu Jogja hanya memiliki tiga mal, sekarang bertumbuh menjadi delapan mal,” ujar Ananta, Minggu (9/7/2017).

Beberapa tahun lalu, Jogja hanya diramaikan tiga mal besar, yakni Malioboro Mall, Galeria Mall dan Plaza Ambarrukmo. Ketiga mal ini memiliki segmen market yang berbeda yang memberikan pilihan sesuai dengan kebutuhan pengunjungnya.

Ananta mengungkapkan kini Jogja memiliki delapan mal dengan lokasi dan segmen marketnya masing-masing. Selama libur panjang Lebaran lalu, Ananta mengatakan secara umum kondisi pusat-pusat perbelanjaan ramai dikunjungi.

Advertisement

Kendati kunjungan mal mengalami peningkatan, namun pertumbuhan tersebut tidak signifikan. Ananta menjelaskan banyaknya mal yang berdiri di Jogja, membuat pembagian kue menjadi semakin merata.

Lebih lanjut Ananta mengatakan dibandingkan tahun 2016 pada momen yang sama pertumbuhan trafik kunjungan di Plaza Ambarrukmo mengalami kenaikan kurang lebih 10% pada 2017.

Jika pada momen yang sama puncak liburan dapat mendapatangkan sekitar 50.000 pengunjung, pada libur Lebaran 2017 kunjungan di mal ini mencapai 60.000 pengunjung.

Advertisement

“Sedangkan pada weekend atau long weekend di hari biasa normalnya sekitar 40.000 sampai 50.000 pengunjung, sedangkan weekday kunjungan sekitar 25.000 sampai 30.000 orang,” jelas Ananta.

Sebelumnya, Marketing Communications Hartono Mall, Leo Wauran mengungkapkan memasuki high season Lebaran, kunjungan ke mal terbesar di DIY ini mengalami peningkatan yang signifikan. Jika pada hari biasa, sedikitnya mal ini dikunjungi sekitar 20.000 pengunjung.

“Dibandingkan tahun lalu, kunjungan ke Hartono Mall mengalami peningkatan. Pada high season Lebaran kemarin kunjungan sampai 50.000 orang per hari,” ungkap Leo.

Advertisement

Sementara itu, kunjungan di Malioboro Mall juga mengalami peningkatan pada libur Lebaran lalu. Mal yang berada di kawasan Malioboro ini cukup strategis dan tak hanya dikunjungi oleh masyarakat Jogja, tetapi juga wisatawan yang tengah berlibur.

“Trafik kunjungan di Malioboro Mall kurang lebih sekitar 85.000 pengunjung,” ujar Ririn.

Advertisement
Kata Kunci : Mall Di Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif