Jogja
Senin, 10 Juli 2017 - 04:19 WIB

DANA DESA : Penyerapan di Atas 50%, Desa Bersiap Tahap Kedua

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Penyerapan dana desa tahap pertama yang cair Mei lalu sudah di atas 50%

 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Penyerapan dana desa tahap pertama yang cair Mei lalu sudah di atas 50%. Bahkan beberapa desa mengklaim penggunaan dana desanya capai 95%.

Kepala Desa Kepuharjo Cangkringan Heri Suprapto mengatakan penggunaan dana desa di tempatnya sudah mencapai 95% dari alokasi tahap pertama. Pemdes Kepuharjo, katanya, untuk tahap pertama ini menerima Rp518 juta.

“Penyerapan sudah tinggal lima persen, kami masih menunggu pencairan tahap kedua,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Minggu (9/7/2017).

Advertisement

Dia menjelaskan, penggunaan dana desa tidak hanya fokus pada pembangunan fisik tetapi juga program pemberdayaan. Alokasi penggunaan kegiatan juga melibatkan masyarakat. “Jadi pandai-pandai desa mengalokasikan mana untuk kegiatan fisik dan mana yang pemberdayaan,” katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Sendangtirto Berbah Sardjono. Menurutnya, penyerapan dana desa Sendangtirto pada tahap pertama ini sudah mencapai lebih dari 50% atau Rp300 juta. Untuk tahap pertama pihaknya menerima sekitar Rp600 juta.

“Kami masih menunggu pencairan dana desa tahap kedua. Kami segera membuat laporan penggunaan dana tahap pertama,” katanya.

Advertisement

Adapun Kepala Desa Bimomartani Kalasan Tutik Wahyuningsih mengatakan, penggunaan dana desa tahap pertama tinggal menyelesaikan program dari seksi kesejahteraan. Saat ini, penyerapan dana desa sudah mencapai 70%.

“Kalau dari seksi kesejahteraan kegiatannya selesai, capaiannya bisa 100%. Kami segera menyusun laporan penggunaannya,” kata Tutik.

Advertisement
Kata Kunci : DANA DESA Desa Di Sleman
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif