News
Sabtu, 8 Juli 2017 - 16:37 WIB

Presiden Jokowi Beberkan Tax Amnesty Indonesia di KTT G20

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi berbincang dengan PM Italia Paolo Gentiloni di KTT G20, Jerman. (Twitter/@jokowi)

Presiden Jokowi membeberkan reformasi pajak di Indonesia, terutama tax amnesty, saat berbicara di KTT G20.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan mengenai reformasi pajak untuk tema perdagangan bebas dan pertumbuhan dalam Leaders’ Retreat Sesi II Konferensi Tingkat Tinggi G20, Jerman.

Advertisement

Kepala Negara mengapresiasi upaya OECD dan negara G20 dalam mengatasi Base Erosion Profit Shifting, memfasilitasi Automatic Exchange of Information, dan implementasi Multilateral Instrument. G20, lanjut Jokowi, harus memastikan bahwa AEoI dapat mengembalikan kewajiban wajib pajak ke negaranya dan memastikan pertukaran data yang memberikan manfaat.

“Indonesia baru menyelesaikan program tax amnesty sebagai bagian reformasi perpajakan. Dari US$366 miliar aset yang diungkap, sekitar 21% adalah aset yang disembunyikan di luar negeri,” kata Jokowi dalam keterangan resmi yang dikutip, Sabtu (8/7/2017).

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam Leaders’ Retreat sesi II tersebut adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Advertisement

Dalam forum ini, Presiden menyampaikan dua tema, yakni perdagangan global dan pertumbuhan serta pembangunan berkelanjutan, perubahan klim dan ketahanan energi. Dalam konteks pembangunan berkelanjutan, Indonesia menyampaikan komitmen tinggi dalam pelaksanaan Agenda 2030. Presiden Jokowi mengaku telah mengambil dan memimpin langsung berbagai langkah guna memastikan pelaksanaan Agenda 2030.

“Saya telah menandatangani Peraturan Presiden dan membentuk Tim Koordinasi Nasional bagi implementasi SDGs,” kata Presiden di Hamburg Messe Und Congress, Jumat (7/7/2017) waktu setempat, melalui keterangan resmi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif