Lifestyle
Jumat, 7 Juli 2017 - 11:15 WIB

TIPS KESEHATAN : Peneliti Jerman Buktikan Ada Kalsium dalam Air Putih

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum air putih (Indianexpress.com)

Tips kesehatan ini terkait manfaat air putih yang ternyata juga mengandung kalsium.

Solopos.com, JAKARTA — Minum air putih menjadi kebutuhan manusia agar tak mengalami dehidrasi dan demi menjamin kelancaran metabolisme tubuh. Tak sekadar menghilangkan haus, air putih juga mengandung zat-zat bermanfaat.

Advertisement

Para peneliti dari Jerman mengungkapkan air putih ternyata juga mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup. Itu berarti kita tak harus selalu mengandalkan susu atau suplemen untuk mendapat asupan kalsium.

“Kandungan khusus air mineral sebagai sumber kalsium adalah alternatif bebas kalori. Di dunia dengan jumlah orang gemuk dan obesitas yang terus bertambah, penting untuk mempromosikan sumber alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium selain susu dan produk susu,” kata Theresa Greupner dari Leibniz University Hannover di Jerman seperti dilansir Reuters baru-baru ini.

Kesimpulan tersebut diperoleh Greupner berdasarkan studi yang dia lakukan bersama tim. Mereka meneliti seberapa baik tubuh menyerap kalsium dalam lima produk berbeda, masing-masing mengandung kalsium 300 mg.

Advertisement

Sebanyak 21 orang pria dan wanita berpartisipasi dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Nutrition itu. Menurut peneliti, setinggi apa pun jumlah kalsium, air lah sebagai sumber kalsium yang lebih baik.

Di Jerman, seseorang perlu minum dua liter air mineral per hari, atau lebih dari tiga cangkir delapan ons susu, untuk memenuhi kebutuhan standar hariannya ditambah 1.000 mg kalsium. Sementara di Amerika Serikat orang dewasa disarankan mengonsumsi sebanyak 1.300 mg kalsium per hari.

Dalam kesempatan berbeda, peneliti dari Italia, Dr. Maria Luisa Brandi, dari Universitas Florence mengatakan temuan ini telah diketahui di Italia. Studi pada 2004 lalu menunjukkan kalsium dalam air mineral juga diserap tubuh seperti halnya kalsium dalam susu.

Advertisement

“Konsepnya mapan dalam pengobatan. Kami merekomendasikan air dengan kandungan kalsium tinggi untuk pasien osteoporosis,” kata Brandi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif