News
Jumat, 7 Juli 2017 - 00:00 WIB

PTS Solo Perpanjang Masa Pendaftaran Mahasiswa Baru

Redaksi Solopos.com  /  Ayu Prawitasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PENDAFTARAN PTS

Perguruan tinggi swasta (PTS) di Solo memperpanjang masa pendaftaran mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2017/2018.

Solopos.com, SOLO—Bagian Humas Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Bayu Adi Saputra, mengatakan batas akhir pendaftaran mahasiswa baru (PMB) diperpanjang hingga awal September 2017.

Advertisement

“Penutupan PMB gelombang II semula dijadwalkan pada 16 Agustus 2017. Kami perpanjang sampai awal September mendatang,” kata dia saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya Kampus UTP di Jl. Balekambang Solo, Kamis (6/7/2017).

Alasan perpanjangan untuk memberikan kesempatan warga yang belum diterima di perguruan tinggi mana pun belajar di UTP. Sejak pendaftaran gelombang dini pada 1 Februari lalu, lanjut dia, jumlah pendaftar sudah mencapai 550 orang.

Program Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) paling banyak diminati yakni mencapai 50%. Para pendaftar tidak hanya berasal dari wilayah Soloraya, tapi juga dari berbagai daerah di Jawa Tengah seperti Grobogan, Pati, Semarang, dan lainnya. “Pendaftar bahkan ada yang dari Papua dan luar negeri yakni Timor Leste,” ujar dia.

Advertisement

Bayu menambahkan setelah Lebaran, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar ke UTP mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. “Jumlah pendaftar setelah Lebaran rata-rata 10 orang per hari. Sebelumnya hanya lima orang,” jelas Bayu.

Sementara itu, Kepala PMB Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Wartoyo, mengatakan batas akhir PMB adalah 2 September. Sejak PMB gelombang dini pada 2 Januari lalu, jumlah pendaftar mencapai 850 orang. “Tahun ini [2017] kami menargetkan 1.300 mahasiswa baru,” ujar dia.

Wartoyo optimistis dapat mencapai target tersebut karena minat masyarakat mendaftar ke Unisri cukup besar. Sisa waktu sekitar dua bulan sampai 2 September mendatang, sambung dia, diharap bisa mencapai target sebanyak 1.300 orang.

Advertisement

“Setelah Lebaran jumlah pendaftar meningkat menjadi 25 orang per hari dari sebelumnya hanya 10 orang per hari,” jelas dia. Para pendaftar, menurut Wartono, berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah serta dari luar provinsi seperti Kalimantan, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi. “Jumlah pendaftar dari luar provinsi mencapai 100 orang, meningkat dibandingkan tahun lalu [2016],” kata dia.

Bagian Humas Universitas Islam Batik (Uniba) Solo, Fitri Satya Marwati, mengatakan batas akhir PMB gelombang II adalah 21 Agutus. Uniba membuka Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pertanian. “Kami akan menerima sebanyak 1.000 orang mahasiswa baru,” jelas Fitri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif