Jogja
Jumat, 7 Juli 2017 - 00:20 WIB

KECELAKAAN LAUT : Hingga Tengah Tahun, Ada 35 Kasus Laka Laut di Pantai Selatan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pantai Baron (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Kecelakaan (laka) laut di Gunungkidul masih terus terjadi, hingga dalam setengah tahun ini telahah terdapat 37 korban laka laut.

 

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kecelakaan (laka) laut di Gunungkidul masih terus terjadi, hingga dalam setengah tahun ini telahah terdapat 37 korban laka laut. Kebanyakan korban laka laut merupakan wisatawan yang sedang berlibur dan mandi di laut.

Koordinator Search and Rescue (SAR) Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Wilayah II Gunungkidul, Marjono mengatakan hingga Juli 2017 terdapat 37 korban laka laut dalam 35 kejadian. Banyaknya korban laka laut karena banyak wisatawan berkunjung ke kawasan pantai.

Sementara banyak dari wisatwan tak mengindahkan seruan petugas, untuk berhati-hati ketika mandi di laut. Khususnya untuk larangan tidak mandi atau bermain di sekitar area palung.

Advertisement

“Kebanyakan pengunjung susah dibilangin, kalau diatur enggak mau. Terutama anak-anak muda yang berlibur, mereka biasanya bermain air di bibir pantai,” ungkapnya, Rabu (6/7/2017) kemarin.

Namun larangan mandi di laut terutama di area sekitar palung, menurut Marjono bukan berarti pihaknya melarang wisatawan bermain air. Melainkan pihaknya ingin agar wisatawan bermain air laut di lokasi yang aman, tidak bermain air di area palung.

Untuk mengantisipasi laka laut, pihak SAR Gunungkidul sebenarnya sudah memasang papan informasi termasuk tanda di sekitar area palung. Tapi papan tersebut masih kerap tak digubris wisatawan. “Sudah, kami sudah memasang rambu-rambu. Seperti papan informasi dan tanda peringatan di area palung,” jelasnya.

Advertisement

Sementara sebanyak 87 personil SAR Gunungkidul tiap Hari Sabtu dan Minggu diterjunkan. Mereka disiagakan di sejumlah titik-titik pantai di Gunungkidul yang banyak dikunjungi wisatawan. Dengan upaya ini, diharapkan angka laka laut bisa ditekan.

Jumlah laka laut di Gunungkidul tahun 2016 juga tergolong tinggi. Berdasarkan catatan SAR Gunungkidul, sepanjang tahun lalu ada 118 korban dalam 78 kejadian. Sebanyak 3 orang dinyatakan meninggal, dan 1 korban dinyatakan hilang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif