News
Jumat, 7 Juli 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 7 Juli

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kawasan industri Kaesong di Korea Utara yang bisa dimanfaatkan Korea Selatan mempekerjakan buruh Korut. Foto diambil 2013. (JIBI/Solopos/Reuters-Lee Jae-Won)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 7 Juli, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 7 Juli. Demi mengenang berbagai peristiwa itu. berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 7 Juli, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

1683
Sultan Sibori dari Ternate menandatangani perjanjian dengan pihak Belanda. Melalui perjanjian tersebut, wilayah Kesultanan Ternate secara resmi menjadi wilayah kekuasaan Belanda.

1846
Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai menginvasi Monterey dan Yerba Buena di California. Invasi itu adalah awal dari upaya pasukan AS merebut wilayah California dari tangan Meksiko.

Advertisement

1846
Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai menginvasi Monterey dan Yerba Buena di California. Invasi itu adalah awal dari upaya pasukan AS merebut wilayah California dari tangan Meksiko.

1892
Organisasi rahasia bernama Katipunan dibentuk di Manila, Filipina. Katipunan dibentuk dengan tujuan untuk memerdekakan Filipina dari Spanyol melalui revolusi. Organisasi ini merupakan organisasi rahasia hingga keberadaannya diketahui pada 1896 dan menyebabkan terjadinya Revolusi Filipina.

Ringo Starr. (Ultimateclassicrock.com)

Advertisement

1942
Para tahanan wanita di Kamp Konsentrasi Auschwitz, Polandia dijadikan bahan eksperimen ilmiah. Eksperimen terhadap manusia itu dilakukan para ilmuwan dan dipimpin petinggi polisi Jerman Heinrich Himmler.

Synyster Gates. (Twitter.com)

1981
Brian Elwin Haner, Jr. lahir di Huntington Beach, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal luas sebagai gitaris pada band metal Avenged Sevenfold dengan nama panggung Synyster Gates.

Advertisement

2005
Serangkaian serangan bom bunuh diri melanda tiga jalur kereta bawah tanah di London, Inggris dengan empat ledakan. Kejadian tersebut merupakan serangan teroris terburuk kedua di Inggris sejak Perang Dunia II berakhir. Sebanyak 56 orang tewas dan 700 orang luka-luka dalam serangan tersebut. Para pelaku serangan bom itu dituding sebagai anggota Al-Qaeda.

2006

Pemerintah Nigeria mengumumkan akan memecat 33.000 pekerja pelayanan publik di negara tersebut pada akhir tahun. Pemecatan massal itu benar-benar dilakukan dengan alasan untuk mereformasi birokrasi sebelum pemilu 2007 digelar. Para pekerja yang dipecat itu dianggap tak layak dan tak memenuhi kualifikasi.

Advertisement

2007
Serangan bom melanda Kota Amrili di Irak. Sebuah bom truk meledak di tengah pasar yang ramai pengunjung. Sebanyak 165 orang tewas dan 255 lainnya luka-luka pada serangan tersebut.

2013
Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) bersepakat membuka kembali Kawasan Industri Kaesong di perbatasan kedua negara. Kawasan tersebut sempat ditutup beberapa bulan sebelumnya karena munculnya ketegangan antara Korut dan Korsel. Kawasan Industri Kaesong adalah kawasan yang dikuasai Korut, namun Korsel diperbolehkan mendirikan pabrik di kawasan tersebut dengan mempekerjakan warga Korut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 5 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 4 Juli

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif