Jatim
Kamis, 6 Juli 2017 - 07:05 WIB

KEBAKARAN TRENGGALEK : Balon Udara Sulut Kobaran Api di Hutan Gunung Kebo

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (Dok/JIBI/Solopos)

Kebakaran Trenggalek diduga dipicu balo udara jatuh.

Madiunpos.com, TRENGGALEK — Kebakaran menghanguskan hutan di Gunung Kebo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, hingga radius lima hektare. Kobaran api diduga dipicu sebuah balon udara buatan warga yang jatuh di lokasi tersebut.

Advertisement

Wakil Administratur Perhutani BKPH Kediri Selatan Andi Iswindarto mengatakan identifikasi penyebab kebakaran segera diketahui berdasar kesaksian warga, mandor serta temuan bekas balon udara tenaga asap di tengah areal hutan yang terbakar.

“Kami sudah kerahkan 10 personel Perhutani untuk melakukan upaya pemadaman,” kata Andi, Selasa (4/7/2017). Dia menjelaskan kebakaran terjadi di petak 78 RPH Trenggalek.

Kobaran api pertama, lanjut dia, diketahui sekitar pukul 14.00 WIB setelah sebuah balon udara ukuran besar yang bergerak melayang dengan tenaga asap terlihat oleng dan jatuh di tengah kawasan hutan lereng Gunung Kebo.

Advertisement

Menurutnya, pemadaman api tidak bisa dilakukan dengan cepat karena lokasi yang terbakar cukup sulit dan terjal. Kondisi embusan angin di atas gunung pun cukup kencang sehingga menyulitkan petugas.

“Pemadaman kami lakukan dengan manual dengan ranting dan dedaunan, karena lokasi tidak mungkin dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran,” ujarnya.

Andi memastikan kebakaran hutan di lereng Gunung Kebo akibat tersulut balon udara yang jatuh di kawasan hutan. “Saat ini kondisi hutan banyak yang kering sehingga mudah terbakar. Kerugian Perhutani ada tanaman-tanaman yang masih kecil terbakar,” imbuh dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif