Jateng
Kamis, 6 Juli 2017 - 10:50 WIB

KAI Semarang Luncurkan KA Blora Jaya New Image, Apa Yang Baru?

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Interior kereta ekonomi premium. (JIBI/Madiunpos.com/Dok.)

KAI Semarang meluncurkan ulang KA Blora Jaya yang menyandang citra baru alias new image.

Semarangpos.com, SEMARANG —  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, meluncurkan kembali KA Blora Jaya yang telah diganti dengan rangkaian kereta new image. “Dengan rangkaian baru KA Blora Jaya ini, kami berusaha menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat,” kata Kepala PT KAI Daops IV Semarang Wiwik Widayanti di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (5/7/2017) malam.

Advertisement

Pernyataan itu dikemukakannya seusai peluncuran kembali KA Blora Jaya yang kini menyandang citra baru setelah mengalami perubahan penampilan. KA Blora Jaya new image itu diberangkatkan Wiwik Widayanti dari Stasiun Poncol Semarang, Rabu, pukul 19.10 WIB.

KA Blora Jaya semula menggunakan rangkaian kereta rel diesel (KRD), namun kini diganti dengan rangkaian KA ekonomi dengan kapasitas yang jauh lebih besar. “Kalau dulu, kapasitas KA Blora Jaya hanya 393 tempat duduk sehingga ada penumpang yang berdiri. Sekarang, kapasitasnya 544 kursi dan semua penumpang terlayani tempat duduk,” katanya.

Dari interior terdapat banyak perbedaan, yakni rangkaian lama memiliki sandaran kursi bersudut 90 derajat dengan pola 2-2 saling berhadapan, sementara sekarang menghadap ke arah sama. Bagian interior hampir sama dengan kelas eksekutif, kabin bagasinya pun demikian, dan setiap kereta dilengkapi dengan fasilitas dua buah televisi LED, kemudian stop kontak listrik.

Advertisement

Yang jelas, kata dia, fasilitas yang bisa dinikmati penumpang dengan rangkaian KA Blora Jaya yang baru ini lebih baik, lebih nyaman, dan semua penumpang sekarang bisa duduk. “Penumpang KA Blora Jaya sekarang ini akan merasakan kenyamanan yang nyaris sama dengan penumpang KA kelas eksekutif. Berbeda ketika masih menggunakan rangkaian KRD,” katanya.

Untuk waktu tempuhnya, lanjut dia, juga lebih cepat karena sebelumnya ketika KRD selama dua jam 51 menit, tetapi sekarang ini Semarang-Blora bisa ditempuh selama dua jam 24 menit. “Harga tiketnya dibedakan sedikit. Kalau sekarang, tarifnya Rp50.000 untuk keberangkatan Poncol-Cepu, demikian sebaliknya. Kalau ke Randublatung, Doplang, dan Kradenan hanya Rp35.000,” pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif