News
Kamis, 6 Juli 2017 - 11:36 WIB

HUT KE-71 BNI : Jadi Digital Financial Solution, Seluruh Aktivitas BNI Bakal Didigitalisasi

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo BNI. (Istimewa)

BNI mengusung DigiMudik, BNI DigiCare, BNIDigiDeal, BNIDigiNation, BNIDigiFest, BNIDigiSport, dan BNIDigiLove untuk mewujudkan “Peningkatan Kinerja melalui Digital Banking.”

Solopos.com, JOGJA – BNI mengusung tema “Peningkatan Kinerja melalui Digital Banking” dalam peringatan HUT ke-71 di Jogja, Rabu (5/7/2017). CEO Kantor Wilayah Yogyakarta Arif Suwasono mengatakan, BNI berkomitmen merangkul perusahaan financial technology (fintech) untuk memenuhi segala kebutuhan nasabah yang menuntut model bisnis yang mobile, cepat dan ringkas.

Advertisement

Dalam rangka HUT Ke-71, BNI berkomitmen untuk terus meningkatkan peran secara aktif dalam membangun negeri. Dibalut dengan tema “Peningkatan Kinerja melalui Digital Banking,” CEO BNI Kantor Wilayah Yogyakarta Arif Suwasono mengatakan BNI mencanangkan diri sebagai institusi keuangan yang tengah melakukan transformasi menjadi institusi keuangan digital nasional yang mumpuni.

Hal ini merupakan strategi BNI untuk meningkatkan kinerja serta percepatan literasi transaksi keuangan kepada masyarakat umum berbasis teknologi digital. Melalui pengembangan konsep Digination, BNI berharap dapat mentransformasi perilaku layanan BNI kepada nasabah menuju model transaksi digitalisasi perbankan.

Advertisement

Hal ini merupakan strategi BNI untuk meningkatkan kinerja serta percepatan literasi transaksi keuangan kepada masyarakat umum berbasis teknologi digital. Melalui pengembangan konsep Digination, BNI berharap dapat mentransformasi perilaku layanan BNI kepada nasabah menuju model transaksi digitalisasi perbankan.

“Untuk itu, berbagai produk digital telah dikembangkan oleh BNI antara lain BNI UnikQu, BNI Digital Loan, dashboard penyaluran bantuan sosial, Agen46 BNI, dan masih banyak lagi produk digital lainnya. Selain itu, BNI juga aktif merangkul perusahaan financial technology (fintech) untuk semakin memperkaya diri dalam memenuhi segala kebutuhan nasabah yang kian hari semakin menuntut model bisnis yang mobile, cepat dan ringkas” ujar Arif Suwasono dalam press release yang diterima Solopos.com, Kamis (6/7/2017).

Sejalan dengan tema tersebut, program HUT ke-71 BNI kali ini dikemas dalam berbagai rangkaian program yang menarik meliputi BNI DigiMudik, BNI DigiCare (dengan programnya berupa BNI Berbagi dan BNI Volunteer), BNIDigiDeal, BNIDigiNation, BNIDigiFest, BNIDigiSport, dan BNIDigiLove. Penambahan kata “Digi” menunjukkan bahwa BNI secara bertahap telah berusaha mentransformasi seluruh aktivitasnya ke ranah digital, termasuk program-program yang dikembangkannya.

Advertisement

Bank Nasional Pertama

Sebagaimana diketahui, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) adalah bank nasional pertama di Indonesia yang didirikan pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, 5 Juli 1946. Selama 71 tahun BNI telah berkontribusi dalam pembangunan nasional dan berperan sebagai agen pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dengan total aset Rp603 Triliun, BNI Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia telah menjadi bank terdepan dalam mendukung program Pemerintah RI melalui penyaluran kredit produktif khususnya pada berbagai sektor prioritas sebesar Rp393 Triliun selama tahun 2016.

Advertisement

Selain itu, BNI juga aktif dalam program pemberdayaan masyarakat melalui penyaluran kredit UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) senilai Rp111 Triliun. Kinerja BNI selama 2 tahun terakhir selalu mengungguli industri perbankan.

Outlet BNI juga telah menyebar di seluruh penjuru tanah air dari pusat kota hingga ke pelosok. Selain itu jaringan luar negeri BNI juga merupakan salah satu yang terluas di antara seluruh bank nasional, bahkan pertumbuhan asetnya juga sangat tinggi dengan rata-rata pertumbuhan aset Kantor Cabang Luar Negeri mencapai 24% per tahun.

Jumlah nasabah dan layanan BNI juga terus berkembang, menjadikan BNI sebagai salah satu bank terbaik pilihan utama nasabah. Maka tak heran jika Majalah Investor menganugerahkan BNI dengan gelar “Bank Terbaik Tahun 2017” untuk kategori Bank dengan kelas aset di atas Rp100 Triliun.

Advertisement

BNI Kantor Wilayah Yogyakarta adalah salah satu dari 17 kantor wilayah BNI yang memiliki 109  outlet yang tersebar di seluruh DIY dan 17 kabupaten/kota di Propinsi Jawa Tengah eks Karesidenan Surakarta, Kedu, dan Banyumas.

BNI Kanwil Yogyakarta yang didirikan pada 11 Agustus 2016, telah berfungsi sebagai akselerator pembangunan di DIY dan Jateng melalui  berbagai program pemberdayaan masyarakat.

Hingga Juni 2017, BNI Kanwil Yogyakarta telah menyalurkan kredit senilai Rp6,810 Triliun, dengan 77% disalurkan pada sektor UMKM. Dalam rangka mendukung program Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan yaitu Inklusi dan Literasi Keuangan sejumlah program telah dilakukan oleh BNI diantaranya adalah mendorong pembentukan 4.090 Agen46, serta pembentukan 142 Bumdes.

Selain itu BNI juga membantu penyaluran program bantuan sosial Pemerintah RI berupa Program Keluarga Harapan (PKH) yang hingga saat ini sudah tersalurkan kepada  335.052 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp109 Miliar, Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada 65.575 KPM dengan nilai  Rp8,6 Miliar, serta penyaluran bantuan bagi siswa tidak mampu melalui Program Indonesia Pintar (PIP) kepada  85.751 siswa SMA/SMK senilai Rp67 Miliar.

Sebagai wujud dari kepedulian sosial terhadap masyarakat, BNI Kanwil Yogyakarta hingga Semester I/2017 juga telah menyalurkan dana CSR senilai Rp5,5 Miliar, melalui berbagai Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

BNI Kanwil Yogyakarta juga telah menjalin kerjasama dengan sejumlah institusi baik pemerintah maupun swasta. Sinergi yang dilakukan dengan Pemerintah Daerah misal dalam program smart city melalui pembentukan e-commerce dan pelayanan pembayaran pajak online (e-PBB), serta dalam program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembentukan RKB (Rumah Kreatif BUMN) di Cilacap, Sleman dan Wonogiri, pembangunan Balkondes (Balai Ekonomi Desa) di Magelang. Selain itu kerjasama juga dilakukan dengan Pertamina untuk menyalurkan subsidi LPG 3 kg.

Advertisement
Kata Kunci : BNI Perbankan Ultah BNI
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif