Lifestyle
Rabu, 5 Juli 2017 - 09:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Anda Menyusui? Kurangi Minum Kopi Ya...

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi: Wanita menyusui sebaiknya mengurangi konsumsi minum kopi. (modernmom.com)

Wanita menyusui sebaiknya mengurangi minum kopi.

Solopos.com, SOLO — Apakah Anda sedang menyusui? Jika jawabannya ya, maka sebaiknya Anda mengurangi konsumsi minum kopi. Ya, bukan hanya wanita hamil yang disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi minuman atau makanan karena dapat membahayakan janin di kandungan.

Advertisement

Melainkan, ibu menyusui pun sebaiknya ikut berhati-hati dalam mengonsumsi minuman, obat, maupun makanan karena hal itu dapat berpengaruh terhadap bayi. Sesuai saran dokter, salah satu yang perlu dihindari dan dikurangi saat hamil dan menyusui adalah kafein.

Efek kafein pada bayi mungkin berbeda sesuai dengan kepekaan bayi. Beberapa bayi tidak menunjukkan reaksi terhadap kafein.
Dikutip dari Boldsky, belum lama ini, bila air susu ibu (ASI) mengandung kafein akan berbahaya. Kafein akan menumpuk di tubuh bayi. Akibatnya, bayi akan mudah terjaga dan lekas marah. Bayi juga bisa menunjukkan perilaku hiperaktif dan kegelisahan.

Anda mungkin bertanya, berapa banyak jumlah kafein yang aman bagi seorang ibu yang menyusui. Jumlah kafein yang disarankan adalah 300 gram sehari.

Advertisement

Takaran ini sama dengan enam cangkir teh atau kopi. Jika bayi Anda menunjukkan reaksi terhadap kafein, maka cobalah mengurangi konsumsi kafein dalam beberapa cangkir. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat benar-benar berhenti mengonsumsi kafein. Mengurangi dan menghindari kafein dapat membuat kesehatan bayi terjaga dan tidak hiperaktif.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif