News
Selasa, 4 Juli 2017 - 03:00 WIB

Juli Ini, 1.280 Siswa Berkompetisi di Olimpiade Sains Nasional

Redaksi Solopos.com  /  Ayu Prawitasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mendikbud Muhadjir Effendy (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Solopos.com, PEKANBARU—OSN bertujuan mengembangkan bakat dan prestasi di bidang sains atau ilmu pengetahuan siswa.

Advertisement

Olimpiade ke-16 diselenggarakan pada Minggu-Sabtu (2-8/7/2017) di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. “Sains atau ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara. Kompetisi sains seperti OSN diyakini dapat menguatkan karakter peserta didik. Kerja keras, tekun, teliti, dan jujur menjadi keniscayaan jika ingin menjadi ilmuwan hebat,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam pembukaan OSN di GOR Pemuda, Kota Pekanbaru, Riau, seperti dilansir di website Kemendikbud, Senin (3/7/2017).

Mendikbud berharap prestasi diniatkan untuk kemajuan bangsa. OSN akan menjadi wadah penyatu segala perbedaan dan menjadi pijakan dalam meraih prestasi gemilang bersama-sama.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad mengatakan OSN juga untuk pembinaan dan pengembangan bakat, minat, serta prestasi peserta didik dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Peserta olimpiade sains adalah siswa dan siswi jenjang SD, SMP, dan SMA negeri maupun swasta termasuk dari Madrasah Ibtidaiah, Madrasah Tsanawiah, dan Madrasah Aliah yang terpilih dari hasil seleksi berjenjang dari tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

Advertisement

Keseluruhan peserta sebanyak 1.280 orang yang terdiri atas tingkat SD/MI sebanyak 204 siswa, SMP/MTs 396 siswa, dan SMA/MA 680 siswa. Ditambah dengan pendamping, pembina, juri, asisten juri, panitia pusat, dan panitia daerah, maka jumlah keseluruhan partisipan OSN sebanyak 2.024 orang.

Para peserta akan berlaga dalam 11 bidang lomba yaitu Matematika, IPA, IPS, Informatika/Komputer, Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian, Geografi, Astronomi, dan Ekonomi. Mereka memperebutkan 420 medali yakni 70 medali emas, 140 medali perak, dan 210 medali perunggu.

Para juara akan mendapatkan medali, uang pembinaan, dan piagam penghargaan. Mereka juga dinominasikan untuk ikut serta dalam olimpiade sains tingkat internasional.

Advertisement

Kemendikbud mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah memberikan dukungan dan kerja sama yang baik. “Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Gubernur Riau beserta jajarannya sehingga OSN ini dapat terselenggara dengan baik untuk memajukan ilmu pengetahuan Indonesia,” ujar Mendikbud.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif