News
Selasa, 4 Juli 2017 - 23:10 WIB

Jelang Puncak G20, Korut Klaim Uji Coba Rudal Berhasil

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rudal Korea Utara (telegraph.co.uk)

Korut mengklaim berhasil menguji coba rudal.

Solopos.com, PYONGYANG – Korea Utara menyatakan kegembiraan menyusul berhasilnya peluncuran peluru kendali (rudal) antarbenua (ICBM), yang diperkirakan bisa mencapai negara bagian Alaska, Amerika Serikat.

Advertisement

Peluncuran rudal tersebut dilakukan hanya beberapa hari menjelang pertemuan puncak G20, yang khusus membahas cara masyarakat antarbangsa menghentikan pengembangan senjata dan nuklir Pyongyang.

Menurut keterangan kantor berita Korea Utara seperti dikutip Antara dari Reuters, Selasa (4/7/2017), peluru kendali itu terbang sejauh 933 km dengan ketinggian mencapai 2.803 km selama 39 menit.

Peluru kendali itu kemudian jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang setelah diluncurkan dari lapangan udara Panghyon, kata pernyataan pejabat Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat.

Advertisement

“Percobaan itu dilakukan dengan sudut tembak sesempit mungkin, sehingga tidak memiliki dampak buruk terhadap negara tetangga,” kata kantor berita KCNA.

Korea Utara juga mengklaim rudal antarbenua itu bisa digunakan untuk menyerang negara mana pun di dunia.

Namun demikian, Presiden Korea Selatan Moon Jae In mengaku tidak percaya jika negara tetangganya sudah berhasil mengembangkan rudal antar benua. Pihaknya menduga rudal yang diluncurkan pada Selasa itu hanya berdaya jelajah menengah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif