Teknologi
Minggu, 2 Juli 2017 - 08:30 WIB

SERANGAN SIBER : Menkominfo Bagi Tips Cegah Ransomware Petya

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ransomware Petya. (Youtube).

Menkominfo membeberkan tips mencegah serangan siber Ransomware Petya.

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (Menkominfo) berbagi langkah untuk menghindari serangan Ransomware Petya.

Advertisement

Lebih perinci, Menteri Rudiantara sebagaimana dilansir di situs Kominfo.go.id, Jumat (30/6/2017), menyebut ada empat hal yang harus dilakukan guna menghindari serangan ransomware.

“Kita lakukan sosialisasi kepada siapapun di Indonesia agar kita mendisiplinkan diri untuk melakukan empat hal,” katanya dalam Konferensi Pers Antisipasi dan Langkah Preventif terhadap Serangan Malware Ransomware Petya, Jumat, di Cikini, Jakarta.

Empat kebiasaan itu menurut Menteri Kominfo harus dibiasakan bagi pengguna komputer. “Pertama, back up semua data. Yang kedua, rajin download anti virus yang terbaru. Yang ketiga, selalu gunakan software operating system yang original dan upgrade terus. Yang keempat, selalu secara reguler ganti password,” urainya.

Advertisement

Menteri Rudiantara menilai, saat ini kesadaran masyarakat akan empat hal tersebut masih rendah, oleh karena itu, pemerintah akan terus melakukan sosialisasi.

Menteri Kominfo juga mengimbau agar masyarakat melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap Ransomware Petya. “Secara sederhana, nomor satu putuskan hubungan sementara. Hubungan konektivitas ke dunia maya ke Internet lewat wifi, lewat LAN, lewat apapun, sementara putuskan dulu. Kalau ada kabel, sementara putuskan dulu agar dia tidak terkoneksi dengan luar. Kedua lakukan back up, baik ke USB, ke CD, external drive, hardisk. Kalau sudah lakukan kedua itu, minimal aman karena sudah ada backup data,” jelasnya.

Selain itu, kepada pengelola TI, Menteri Rudiantara mengimbau segera melakukan pengamanan data. “Pengelola TI menonaktifkan atau mencabut jaringan lokal atau LAN sementara sampai dipastikan semua aman. Back up data ke storage terpisah,” katanya.

Advertisement

Menteri Kominfo juga mengimbau untuk menggunakan sistem operasi orisinal dan update berkala, install antivirus dan update berkala, gunakan password yang aman dan ganti berkala.

Menurut Rudiantara saat ini ID SIRTII telah menginformasikan Ransomware Petya tersebut kepada sektor-sektor strategis. “Pada hari Selasa tengah malam, ID SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) telah memberikan notifikasi kepada sektor-sektor strategis yaitu sektor perhubungan, sektor keuangan perbankan, kemudian sektor energi terutama PLN dan Pertamina,” ujarnya.

Hal itu sesuai dengan tugas ID SIRTI memitigasi mencegah terjadinya serangan yang masif ke publik dan melakukan pencegahan-pencegahan dan melakukan kurasi kalau terjadi serangan di Indonesia.

“ID SIRTII itu organisasi yang diampu oleh Kominfo, isinya ada profesional, perguruan tinggi, penggiat. Intinya adalah bagaimana kita memitigasi agar malware Petya ini tidak atau sangat minimal terpapar di Indonesia,” jelas Rudiantara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif