Soloraya
Minggu, 2 Juli 2017 - 22:21 WIB

LEBARAN 2017 : 75.000 Unit Kendaraan Lintasi Tol Soker Selama Musim Mudik

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengendara yang hendak masuk ke tol Soker via Ngasem kecele karena pintu tol sudah ditutup Senin (26/6/2017) sore pukul 17.00 WIB. (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos)

Lebaran 2017 kali ini sedikitnya 75.000 unit kendaraan melewati Tol Soker.

Solopos.com, BOYOLALI –Jumlah kendaraan yang melintasi Tol Soker pada musim Lebaran kali ini mencapai kisaran 75.000 unit kendaraan. Hal ini diungkapkan petugas pengendali Tol Soker dari PT Solo-Ngawi-Jaya (SNJ), Ngadino, Minggu (2/7/2017).

Advertisement

Dijelaskan Ngadino, jumlah kendaraan yang melintasi Tol Soker terbanyak terjadi saat arus balik, yakni mencapai sekitar 45.000 unit kendaraan selama sepekan setelah Lebaran. Sementara, jumlah kendaraan saat arus mudik hanya mencapai kisaran 27.000 unit kendaraan.

“Data sementara yang kami pegang, jumlah total kendaraan selama arus balik di Tol Soker mencapai sekitar 45.000 unit kendaraan,” ujar Ngadino saat berbincang dengan Solopos.com di Posko Tol Soker wilayah Ngasem, Minggu.

Ngadino mengatakan puncak arus balik terjadi paga H+4 atau Kamis (29/6/2017) di mana jumlah kendaraan yang melintas tol mencapai 9.455 unit kendaraan. Sementara, jumlah kendaraan paling sedikit yang melintas Tol Soker terjadi pada H+7 Lebaran, atau Sabtu (1/7/2017), di mana jumlah kendaraan yang melintas hanya sekitar 3.500 unit kendaraan.

Advertisement

“Angka ini sudah sesuai dengan prediksi kami. Hitungan awalnya, tol ini memang dipersiapkan mampu menampung 30.000 kendaraan setiap harinya,” jelasnya.

Menurut Ngadino, Tol Soker saat difungsikan tahun depan sudah mampu mengatasi kemacetan di sejumah perkotaan. Puluhan ribu kendaraan yang biasanya menumpuk di jalur-jalur kota, kata dia, mulai tahun depan sudah bisa diatasi dengan Tol Soker. “Data-data terkait jumlah kendaraan yang melintasi Soker ini bisa menjadi acuan,” paparnya.

Sementara itu, pantauan Solopos.com di sejumlah jalan raya di Boyolali pada H+7 Lebaran terlihat lengang dan lancar. Di sejumlah jalur perkotaan juga tak terjadi penumpukan kendaraan atau kepadatan merayap. Hal itu juga terlihat dari pintu keluar Tol Soker di wilayah Ngasem dan Klodran. Kendaraan arus balik yang terlihat mulai berkurang drastis dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Advertisement

“Hari ini [Minggu], arus balik relatif lancar dan lengang. Data yang masuk hingga pukul 13.00 WIB, jumlah kendaraan yang melintas 3.302 unit kendaraan,” ujar AKP Bambang Rusito, kepala Pos Keamanan Tol Soker Ngasem.

Selama arus mudik dan arus balik Lebaran, kata Bambang, keamanan dan kelancaran lalu lintas di wilayah Tol Soker terkendali. Tak ada kejadian terkait keamanan yang cukup menonjol. “Semua relatif aman. Ini berkat kerja sama semua pihak dengan polisi,” paparnya.

 

Advertisement
Kata Kunci : Lebaran 2017 TOL SOKER
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif