News
Minggu, 2 Juli 2017 - 00:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 2 Juli

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cuplikan film The Fast and The Furious. (Telegraph.co.uk)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 2 Juli, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada hari ke-183—hari ke-184 dalam tahun kabisat—sesuai dengan sistem kalender Gregorian, 2 Juli. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 2 Juli:

Advertisement

1555
Laksamana Angkatan Laut Kekaisaran Ottoman, Dragut, memimpin pasukannya untuk menyerang Kota Paola di selatan Italia. Setelah penyerangan itu, Kekaisaran Ottoman berhasil menguasai kota tersebut.

1561
Pasukan Etiopia pimpinan Raja Menas berhasil mengalahkan pasukan pemberontakan yang dipimpin Tazkaro di Emfras, Etiopia bagian utara. Tazkaro lantas ditangkap dan dijatuhi hukuman mati dengan cara dilempari batu hingga tewas.

Advertisement

1561
Pasukan Etiopia pimpinan Raja Menas berhasil mengalahkan pasukan pemberontakan yang dipimpin Tazkaro di Emfras, Etiopia bagian utara. Tazkaro lantas ditangkap dan dijatuhi hukuman mati dengan cara dilempari batu hingga tewas.

1853
Pasukan Kekaisaran Rusia melintas Sungai Pruth untuk menuju wilayah Kerajaan Moldavia dan Wallachia. Tujuan pasukan Kekaisaran ke dua kerajaan tersebut adalah memberikan provokasi-provokasi yang memicu meletusnya Perang Krimea.

1934
Beberapa orang anggota Partai Nazi yang dianggap telah mengkhianati Adolf Hitler dijatuhi hukuman mati. Beberapa orang itu hanya menjalani persidangan selama tiga menit dan langsung dieksekusi mati.

Advertisement

1966
Tiga kapal torpedo milik tentara Vietnam Utara tenggelam setelah diserang pesawat tempur milik Amerika Serikat (AS). Sebelumya, tiga kapal torpedo milik Vietnam Utara itu sejatinya hendak menyerang kapal perusak milik AS.

1961
Ernest Miller Hemingway tewas bunuh diri dengan menembakkan senapan ke kepalanya sendiri. Ia tewas pada usia 61 tahun. Semasa hidupnya, Ernest dikenal luas sebagai seorang novelis ternama sekaligus jurnalis di Amerika Serikat (AS). Ia pernah memperoleh Penghargaan Nobel dalam Sastra pada 1954.

1976
Vietnam Utara menyatakan telah menguasai Vietnam Selatan sepenuhnya. Pihak Vietnam utara juga mendeklrasikan penyatuan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan dengan nama Republik Sosialis Vietnam.

Advertisement

2001
Film The Fast and The Furious resmi dirilis di Amerika Serikat (AS). Film tersebut langsung menempati peringkat pertama di minggu pertamanya. Film ini terhitung sukses, terbukti dengan masih terus berlanjutnya film tersebut dalam berbagai seri dan masih digandrungi penggemar film hingga kini. Pada April 2017 lalu, telah diluncurkan seri ke-8 dari film The Fast and The Furious dengan judul The Fate and The Furious.

2013
Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang Aceh, Indonesia. Gempa itu menewaskan 39 orang dan melukai lebih dari 400 orang. Lebih dari 3.000 rumah hancur karena guncangan tersebut. (Ginanjar Sapjutra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Juli
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 29 Juni

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif