Jogja
Minggu, 2 Juli 2017 - 00:19 WIB

6 Bulan Penelitian di Gunungkidul, Ibu Obama Aktif Berinteraksi dengan Warga

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sugiyono, salah seorang warga Dusun Kajar, Desa Karangtengah saat menunjukan buku hasil penelitian ibunda Barack Obama yang berjudul Surviving Against The Odds Village Industry in Indonesia, Jumat (30/6/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Kabar kedatangan Obama ke Kota Jogja sempat memberikan secercah harapan bagi warga Dusun Kajar, Desa Karangtengah, Wonosari

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pada tahun 1976, ibu Barack Obama, Stanley Ann Dunham sempat menetap di Dusun Kajar Desa Karangtengah, Wonosari selama enam bulan untuk melakukan penelitian tentang kehidupan perekonomian masyarakat desa.

Advertisement

Baca juga : OBAMA DI JOGJA : 15 Menit di Puncak Becici seperti Mimpi

Selama itu, Ann Dunham tinggal di rumah Mbah Sastro Suyono.

Advertisement

Selama itu, Ann Dunham tinggal di rumah Mbah Sastro Suyono.

Kenangan tentang keramahan Ibu Obama juga disuarakan oleh Sugiyono, anak angkat Mbah Sastro. Menurut dia, warga yang telah berusia di atas 50 tahun yang tinggal di Dusun Kajar akan mengingat keberadaan Dunham saat melakukan penelitian.

Ia mengungkapkan, selama enam bulan tinggal di Kajar, Dunham tidak hanya menyelesaikan penelitian, namun juga melakukan interaksi yang aktif dengan masyarakat. “Jadi orang seusia saya tidak ada yang tidak kenal dengan ibu Obama,” ujar Sugiyono, ditemui wartawan, Jumat (30/6/2017).

Advertisement

“Saat itu [tahun 1976] kamera merupakan benda yang langka, jadi warga sangat senang dipoto oleh ibu Obama,” katanya.

Sugiyono menambahkan, selama melakukan penelitian, Dunham tidak membawa Obama untuk tinggal di Kajar. Pasalnya Obama tinggal bersama ayah tirinya Lolo Soetoro di Jakarta.

“Yang diajak hanya adiknya Maya Soetoro, sedang Obama tetap tinggal di Jakarta,” ungkap dia.

Advertisement

Meski Obama telah meninggalkan Kota Jogja menuju ke Jakarta, namun Sugiyono masih menyimpan harapan jika mantan Presiden Amerika Serikat ini mau berkunjung ke tempat yang dulu ditinggali ibunya selama melakukan penelitian.

“Harapan itu tetap ada. Dulu sempat ada kabar akan mampir ke sini [Dusun Kajar], tapi belum kesampaian hingga sekarang,” katanya.

Diketahui Stanley Ann Dunham menikah dengan Barack Hussein Obama, pada 2 Februari 1961 di Maui, Hawaii dan memiliki anak bernama Barack Hussein Obama Jr yang merupakan Presiden Amerika Serikat ke-44 dan juga mantan Senator Junior AS dari Illinois, Partai Demokrat. Namun pernikahan Stanley dengan Obama Senior tidak berlangsung lama karena di tahun 1964, keduanya resmi bercerai.

Advertisement

Setelah berpisah, Dunham kemudian menikah dengan Lolo Soetoro 1967 dan kemudian menetap di Jakarta selama beberapa tahun.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif