Jogja
Sabtu, 1 Juli 2017 - 22:21 WIB

MUDIK LEBARAN 2017 : Ribuan Pemudik Tinggalkan Jombor

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana arus balik di Terminal Jombor, Sabtu (1/7/2017). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)

Ribuan pemudik meninggalkan dua terminal di Sleman

Harianjogja.com, SLEMAN- Ribuan pemudik meninggalkan dua terminal di Sleman. Selain Teminal Jombor, Mlati para pemudik juga berangkat dari teminal Prambanan. Sabtu (1/7/2017) merupakan puncak arus balik penumpang angkutan.

Advertisement

Dari pantauan Harianjogja.com, ratusan calon penumpang tengah menunggu di tempat agen-agen bus usai membeli tiket. Mereka menunggu kedatangan bus tujuan berdasarkan waktu keberangkatan. Sebagian penumpang sudah menunggu di atas bus.

Suciwati, warga Sardonoharjo, Ngaglik misalnya sudah bersiap-siap untuk balik ke tempat asalnya di Tangerang. Dia mengaku jika membeli tiket seminggu lalu agar tidak kehabisan.

“Harga tiket masih wajar. Naiknya tidak terlalu banyak, misal ke Jakarta Rp200.000 kalau hari biasa selama lebaran jadi Rp240.000,” katanya kepada Harianjogja.com, Sabtu (1/7/2017)

Advertisement

Sementara itu, petugas Pemantau Dishub DIY di Terminal Jombor Joko Untung mengatakan, selain 140 bus reguler sebanyak 12 bus cadangan juga dikeluarkan untuk mengangkut penumpang. Jika dirata-rata satu bus mengangkut 44 penumpang, maka total jumlah penumpang yang terangkut sebanyak 6.500 penumpang.

“Puncak arus balik di terminal ini terjadi pada H+5 atau Sabtu (1/7/2017), itu berdasarkan pembelian tiket penumpang yang kebanyakan memilih Sabtu untuk balik,” katanya.

Dia menjelaskan, baik kendaraan reguler maupun cadangan dikerahkan untuk mengangkut pemudik. Arus balik sendiri sudah terasa sejak H+1. Meski begitu, penggunaan bus cadangan baru dilakukan sejumlah agen bus pada H+3. Jumlahnya masih terbatas antara dua hingga delapan bus.

Advertisement

“Setiap hari, di Jombor disiapkan 12 unit bus cadangan karena yang reguler [140 bus] penuh,” jelasnya.

Sementara itu, petugas input data Posko Lebaran Terminal Jombor Nunung Setya Nugraha mengatakan, pada Jumat [29/6/2017] sebanyak 2.575 pemudik meninggalkan Sleman. Mereka diangkut sebanyak 182 bus untuk berbagai tujuan. Jumlah tersebut meningkat sedikit dibandingkan sehari sebelumnya.

“Pemudik dengan tujuan Jakarta sudah meningkat, saat itu yang berangkat tercatat 288 orang dengan 32 armada. Sementara tujuan Sumatera tercatat 112 orang dengan 21 armada, itu belum termasuk tujuan kota lainnya,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif