Jogja
Sabtu, 1 Juli 2017 - 06:40 WIB

LEBARAN 2017 : Prediksi, Hari Ini Puncak Arus Balik

Redaksi Solopos.com  /  Galih Eko Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penumpukan kendaraan bermotor ke arah barat (arah jogja) di wilayah Kalasan (depan gapura AAU) meningkat seiring arus balik libur Lebaran tahun ini, Jumat (30/6/2017). (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamid Razak).

Perkiraan arus balik tahun ini sedikit berbeda. Selain musim liburan Lebaran panjang, juga bersamaan dengan libur sekolah

Hariannjogja.com, SLEMAN—Arus balik Lebaran tahun ini diperkirakan terjadi Sabtu (1/7/2017) ini. Berdasarkan pengamatan Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, kepadatan kendaraan pada Jumat (30/6/2017) masih berputar di sekitar lokasi wisata di DIY.

Advertisement

Petugas Pemantau Posko Lebaran Dishub DIY Herymawan mengungkapkan kepadatan lalu lintas pada Jumat terkait dengan libur Lebaran. “Banyak wisatawan yang pergi ke Wonosari dan lokasi wisata lainnya di DIY,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Jumat.

Selain itu, berdasarkan data kendaraan yang keluar dan masuk wilayah DIY di empat pos pengamatan baik Gamping, Tempel, Piyungan maupun Prambanan, menyebutkan jumlah kendaraan masih seimbang. Kondisi itu menyiratkan para pemudik masih berputar-putar di sekitar DIY. Antara kendaraan yang masuk dan keluar di daerah perbatasan masih imbang.

Herymawan memperkirakan puncak arus balik pada libur Lebaran tahun ini terjadi pada Sabtu (1/7/2017) ini menyusul pada Senin (3/7/2017), seluruh aktivitas perkantoran kembali normal. “Perkiraan arus balik tahun ini sedikit berbeda. Selain musim liburan Lebaran panjang, juga bersamaan dengan libur sekolah. Jadi susah diprediksi,” katanya.

Advertisement

Secara umum, kondisi lalu lintas selama arus mudik hingga balik lebih baik dibandingkan tahun kemarin. Hal itu dikarenakan sarana dan prasarana jalan mengalami peningkatan dan banyak infrastruktur yang diperbaiki.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, volume kendaraan di jalanan Jogja pada Jumat (30/6/2017) tidak sepadat pada Rabu (28/6/2017) kemarin. Meski begitu, penumpukan kendaraan tetap saja terjadi di persimpangan jalan, terutama saat jam-jam sibuk.

Seperti terlihat di jalan Jogja – Solo. Menjelang petang, terjadi antrean kendaraan ke arah barat (arah Jogja) di pertigaan Bandara Adisutjipto hingga jembatan timbang Kalasan. Sementara dari arah sebaliknya (arah Solo) kondisi kendaraan terlihat ramai lancar.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif