Jogja
Sabtu, 1 Juli 2017 - 12:22 WIB

LEBARAN 2-17 : Pemudik Disarankan Lewat Jalur Selatan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bersihkan Jalur Mudik (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Lebaran 2017 untuk kepadatan lalu lintas arus balik mulai terlihat

Harianjogja.com, BANTUL — Kepadatan lalu lintas akibat arus balik Lebaran di jalur mudik Bantul diklaim menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pemudik direkomendasikan pulang melalui jalur selatan lantaran lalu lintas terpantau lancar.

Advertisement

Baca Juga : LEBARAN 2-17 : Jalur Selatan Terpantau Lancar

Wakil Kepala Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran Sedayu, Iptu Agus Supraja mengatakan sejak pagi hingga Jumat (30/6/2017) siang arus kendaraan yang melintas di Jalan Wates ramai lancar. Tidak terjadi kemacetan parah seperti beberapa hari sebelumnya.

Padahal, kata dia, Jalan Wates merupakan salah satu jalur utama kepulangan pemudik di rute selatan Jawa. Dibandingkan Lebaran tahun lalu, kepadatan lalu lintas baik kedatangan maupun kepulangan alias arus balik di Jalan Wates menurun drastis.

Advertisement

“Beda jauh dibanding Lebaran tahun lalu. Tahun lalu kami sibuk berjaga, sekarang lebih banyak santai,” tutur dia, Jumat (30/6/2017).

Karenanya kata dia, jalur selatan sangat disarankan kepada pemudik untuk dilewati pada saat arus balik kali ini mengingat, suasana jalanan relatif lancar bahkan kadang-kadang lengang. Agus memprediksi, puncak kepulangan pemudik terjadi pada Sabtu (1/7/2017). Apabila terjadi antrean kendaraan hingga mencapai ratusan meter, petugas akan mengabaikan traffic light dan mengatur lalu lintas kendaraan secara manual. Petugas akan memprioritaskan sisi jalan yang paling panjang antreannya untuk melintas lebih dulu.

Sementara itu, di Ring Road Selatan Bantul juga belum terlihat kemacetan parah pada musim arus balik. Kepala Pos Pengamanan Lebaran Ketandan, Banguntapan, Bantul AKP subardi mengatakan, lalu lintas di Ring Road sangat lancar. Kepadatan kendaraan kata dia hanya terlihat di sepanjang Jalan Jogja-Wonosari. Namun kepadatan jalan bukan semata disebabkan musim arus balik melainkan lalu lintas wisatawan yang baru pulang atau menuju tempat rekreasi terutama di Gunungkidul.

Advertisement

Subardi juga memastikan, khusus wilayah Ring Road Bantul, lalu lintas kendaraan untuk arus balik dipastikan lancar bila melihat kondisi saat ini.
“Sekarang sudah terlihat arus balik pemudik. Terlihat dari mobil-mobil yang ada keranjang barang di atap mobilnya sudah banyak yang melintas. Yang jelas untuk jalur Ring Road lancar untuk pulang,” papar Subardi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif