News
Jumat, 30 Juni 2017 - 15:45 WIB

Ini 5 Negara yang Terdampak Serangan Ransomware Petya

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah laptop dari pabrik cokelat Cadbury yang terkena ransomware petya. (Istimewa/Twitter/Leon Compton ).

Serangan siber bermodus virus ransomware kembali menyerang. Ini daftar negara terdampak.

Solopos.com, MOSKOW – Virus tebusan atau bisa juga disebut ransomware Petya menyerang beberapa perusahaan multinasional di Rusia, Ukraina, India, Australia, dan Amerika Serikat. Ransomware penerus WannaCry ini disebut-sebut lebih berbahaya dan lebih kompleks dari WannaCry.

Advertisement

Dilansir Reuters, Rabu (28/6/2017), Petya melumpuhkan komputer dengan sistem operasi Windows dengan cara mengenkripsi semua data yang ada di sebuah komputer. Juru bicara perusahaan multinasional di bidang jaringan komputer, Juniper Networks menyatakan Petya bisa lebih berbahaya dari WannaCry. Hal itu dikarenakan  saat komputer sudah terinfeksi Petya, komputer tersebut tak bisa digunakan untuk mengakses data atau program apapun dan tak bisa di reboot.

Ukraina

Advertisement

Ukraina

Petya dilaporkan mulai menyerang pada Selasa (27/6/2017). Laporan awal yang muncul berasal dari Ukraina dan Rusia. Dilansir The Guardian dari Kepolisian Siber Ukraina, serangan diduga berawal dari  mekanisme pembaruan peranti lunak di bidang akuntansi yang digunakan perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan Pemerintah Ukraina.

Perdana Menteri Ukraina, Pavlo Rozenko memberi keterangan, jaringan komputer di beberapa lini pemerintahan lumpuh, bank negara, dan perusahaan listrik negara di Ukraina juga terkena Petya.

Advertisement

Rusia

Di Rusia, salah satu produsen minyak mentah terbesar di dunia, Rosneft, terkena Petya dalam taraf parah. Namun hal itu dipastikan tidak mengganggu produksi minyak karena bisa berjalan dengan sistem cadangan.

Amerika Serikat

Advertisement

Raksasa periklanan asal Amerika Serikat, WPP, ikut terkena imbas ransomware Petya. Reuters mendapat keterangan dari pegawai yang tidak mau disebutkan namanya, kegiatan di kantor WPP harus dihentikan dan semua pekerja diminta untuk mematikan komputer.

India

Kegiatan angkut peti kemas di Terminal Peti Kemas Jawaharlal Nehru, Mumbai, India harus terganggu karena ransomware Petya. Sisi terminal yang berada di bawah pengelolaan perusahaan logistik asal Denmark, AP Moller-Maersk, harus mendata peti kemas secara manual.

Advertisement

Produsen kosmetik kulit Nivea, Beiersdorf dan perusahaan pembuat produk kesehatan Rekcitt Benckinser  cabang India melaporkan beberapa jaringan komputer mereka positif diserang Petya.

Australia

Pabrik cokelat Cadbury cabang Australia harus menghentikan produksi Selasa kemarin. Petya menyebabkan sistem komputer di pabrik yang berlokasi di negara bagian Tasmania itu tak bisa beroperasi. Pabrik pusat Cokelat Cadbury, Mondelez International, tidak bisa memastikan kapan jaringan komputer di pabrik cabang Australia akan kembali normal.

Selain negara-negara tersebut, tim siber dari Kapersky Lab dan FireEye Inc sudah mendeteksi serangan di beberapa negara lain di Asia-Pasifik, namun sampai berita ini ditulis, Kamis sore pukul 16.00 WIB,belum ada detail negara yang dimaksud.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif