News
Kamis, 29 Juni 2017 - 14:30 WIB

Kontrasnya Pengamanan Obama di Bali dan Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, beserta rombongan keluarganya berjalan di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017). (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)

Pengamanan Barack Obama di Bali dan di Jogja sangat kontras.

Solopos.com, JOGJA — Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mulai beraktivitas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) setelah menghabiskan liburan di Bali.

Advertisement

Ada satu hal yang membedakan pengamanan mantan presiden AS yang sempat tinggal di Jakarta tersebut adalah soal gaya aparat dalam pengamanan mantan tokoh yang pernah tinggal di Indonesia itu. Jika di Bali, pengamanan mantan orang berpengaruh di dunia tersebut terbilang longgar, tidak demikian di DIY.

Pantauan Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali, Obama dan istri terlihat di dalam mobil Toyota Land Cruiser warna putih ketika melintas di jalan Jogja-Solo KM 7. Pengamanan pria berdarah Amerika dan Nigeria itu lebih ketat.

Salah satu contohnya, polisi menutup jalan Jogya-Solo yang akan dilintasi rombongan selama kurang lebih 3 menit. Kendaraan dari arah Bandara Adi Sucipto tidak diizinkan melintas. Pasalnya, jalan ini merupakan jalur menuju Candi Prambanan.

Advertisement

Selain itu, jumlah kendaraan yang menyertai hingga 15 unit. Pemandangan itu sangat kontras jika dibandingkan dengan di Bali yang tidak diwarnai sterilisasi jalan layaknya akan dilintasi presiden. Bahkan, Obama dan keluarganya hanya berjarak 3 meter dari wisatawan ketika berkunjung di sejumlah objek wisata. Baca juga: Obama di Tirta Empul Bali, Warga Teriak “I Love You”.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif