Jogja
Rabu, 28 Juni 2017 - 04:20 WIB

PERTANIAN KULONPROGO : Jadi Wisata Alternatif, Ini Persiapan Pengembangan Kebun Krisan Gerbosari

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana di kebun bunga krisan, Desa Gerbosari, Samigaluh, beberapa waktu lalu. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Pertanian Kulonprogo, kebun krisan dapat menambah kesejahteraan warga.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Kawasan kebun bunga krisan di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh akan dikembangkan. Hal tersebut bertujuan menambah luasan tanam bunga, dan meningkatkan hasil panen.

Advertisement

Baca Juga : PERTANIAN KULONPROGO : Topang Perekonomian Warga, Kawasan Kebun Krisan Dikembangkan

Petani krisan Gerbosari Yohanes Advant Todi mengatakan kualitas bunga krisan dari Gerbosari, mampu bersaing dari Bandungan, Jawa Tengah dan Bandung, Jawa Barat, atau Sleman. Bunga selalu berkualitas tinggi, dikarenakan petani selalu menanam sesuai dengan standar operasional.

Ia menambahkan, rencana pengembangan kawasan tanam, juga ditunjang dengan jumlah petani krisan yang semakin bertambah. Di masa awal budidaya, jumlah petani hanya 10 orang, kini bertambah menjadi 40 orang. Dan rata-rata petani memiliki dua kubung krisan.

Advertisement

Kepala Desa Gerbosari, Damar mengatakan, pemerintah desa mendukung apa yang direncanakan masyarakat dan petani krisan tersebut. Bahkan Pemdes berharap masyarakat membangun kubung bunga krisan di jalur-jalur wisata. Sehingga bisa menjadi wisata alternatif dan mempercepat pertumbuhan pariwisata.

“Kami akan membentuk kelompok pelaku budidaya krisan supaya mengembangkan kawasan bunga krisan menjadi wisata bunga,” ungkapnya, Sabtu (24/6/2017).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif