News
Rabu, 28 Juni 2017 - 01:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 28 Juni

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mike Tyson menggigit telinga Evander Holyfield dalam pertandingan tinju, 1997. (Lasvegas360.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 28 Juni, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 28 Juni. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 28 Juni:

Advertisement

Beberapa orang perwakilan negara masing-masing bersiap menandatangani Perjanjian Versailles. (Wikimedia.org)

1919
Perjanjian Versailles ditandatangani pihak Jerman dan Sekutu di Istana Versailles, Prancis. Perjanjian itu mengakhiri Perang Dunia I yang berlangsung sejak 1914.

Advertisement

1919
Perjanjian Versailles ditandatangani pihak Jerman dan Sekutu di Istana Versailles, Prancis. Perjanjian itu mengakhiri Perang Dunia I yang berlangsung sejak 1914.

1940
Menyusul kemenangan Jerman di Prancis, jenderal militer Prancis Charles de Gaulle mendirikan markas di Inggris. Pendirian markas itu sebagai upaya untuk membebaskan Prancis dari cengkeraman Jerman.

1940
Pasukan Uni Soviet mulai menginvasi Kota Bessarabia—kini Moldova—di Hungaria. Dari invasi tersebut, pasukan Uni Soviet berhasil merebut Kota Bessarabia dari kekuasaan Hungaria.

Advertisement

1944
Pasukan Sekutu berhasil membebaskan Kota Cherbourg di Prancis dari pendudukan Jerman. Pembebasan Kota Cherbourg itu adalah langkah awal untuk membebaskan seluruh wilayah Prancis dari Jerman.

British Medical Research Council 27 Juni 1957. (Tobaccoexhibits.musc.edu)

1957
British Medical Research Council mempublikasikan hasil penelitian yang menghubung-hubungkan merokok dan risiko langsung kanker paru-paru. Jurnal ilmiah itu selanjutnya dijadikan dasar Pemerintah Inggris menggencarkan kampanye bahaya merokok. Temuan tersebut sempat ditentang banyak perusahaan produsen rokok.

Advertisement

1972
Presiden Amerika Serikat (AS) Richard Nixon mengumumkan bahwa tak akan ada lagi wajib militer yang dikirim ke medan perang di Vietnam. Meski demikian, para sukarelawan masih diizinkan jika ingin pergi ke Vietnam untuk berperang. Hal itu menyebabkan penurunan jumlah tentara AS yang berperang di Vietnam.

Foto dokumentasi Pertempuran Seoul Pertama. (Cbsnews.com)

1950
Pasukan Korea Utara (Korut) menyerang Kota Seoul di Korea Selatan (Korsel). Peristiwa itu lantas dikenang dengan sebutan Pertempuran Seoul Pertama. Dari pertempuran itu, pasukan Korut berhasil menduduki Kota Seoul.

Advertisement

1950
Sebanyak 100.000 hingga 200.000 orang yang diduga simpatisan komunis di tanah Korea dibantai polisi dan tentara Korea Selatan (Korsel). Kebanyakan korban pembantaian tersebut adalah warga sipil. Peristiwa tragis itu kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Bodo League.

1997
Petinju Mike Tyson, didiskualifikasi saat bertanding melawan Evander Holyfield. Hal itu karena Tyson mengigit telinga Holyfield di ronde ke-3. World Boxing Association (WBA) atau Asosiasi Tinju Dunia lantas melarang Tyson bertinju selama 1 tahun. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 27 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 25 Juni

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif