Soloraya
Selasa, 27 Juni 2017 - 16:00 WIB

Petugas Ganjal Ban Siaga di Tanjakan Tawangmangu Karanganyar

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi menyiapkan ganjal ban di tanjakan depan Pasar Tawangmangu untuk mengantisipasi pengendara yang belum menguasai medan. (Istimewa/Polsek Tawangmangu)

Polisi menyiagakan petugas ganjal ban di jalur tanjakan Tawangmangu, Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan menuju kawasan wisata di Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar, dipadati kendaraan dari luar kota. Polisi pun mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat ketidakmampuan mobil melalui jalur tanjakan di lereng Gunung Lawu tersebut.

Advertisement

Polisi menyiagakan anggota yang bertugas di pos pengamanan (pospam) Tawangmangu sebagai satuan petugas (satgas) ganjal ban. Mereka siaga di tanjakan dekat Pasar Tawangmangu.

“Cegah kemungkinan kecelakaan kan jalan menanjak kalau dari Karanganyar. Antisipasi kendaraan dari luar kota yang belum mengenali medan di Tawangmangu,” kata Kanit Laka Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar, Iptu Maryadi, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak.

Maryadi menyampaikan arus lalu lintas didominasi warga yang ingin berkunjung ke sejumlah objek wisata di Tawangmangu. Data dari Polres Karanganyar, jumlah pengunjung pada Selasa meningkat apabila dibandingkan pada Senin.

Advertisement

Jumlah pengunjung di objek wisata air terjun Grojogan Sewu naik dari 2.500 orang menjadi 6.500 orang, outbond Balaikambang dari 1.300 orang menjadi 2.500 orang, wisata kampung Hallowen Bukit Sekipan dari 1.350 orang menjadi 2.500 orang, wisata pendakian dan kuliner Cemoro Kandang dari 1.700 orang menjadi 2.000 orang, dan pasar wisata Tawangmangu.

Sejumlah anggota Polres Karanganyar bersiaga di lokasi rawan kemacetan, seperti pertigaan arah Matesih, depan Pasar Tawangmangu, pertigaan Somokado, dan pertigan toko Pojok. Polisi melakukan sejumlah rekayasa arus lalu lintas.

“Sebagian arus lalu lintas dari atas [Magetan ke Karanganyar] kami alihkan lewat jalur Matesih. Itu untuk mengurai simpul kemacetan. Kendaraan melaju 10-20 kilometer/jam,” kata Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (27/6/2017).

Advertisement

Sementara itu, Kapolsek Ngargoyoso, AKP Apin Sunu, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, menyampaikan arus lalu lintas ke Ngargoyoso pada Selasa tidak terlalu ramai karena hujan deras. Berbeda dengan Senin, sejumlah objek wisata ramai dan arus lalu lintas padat.

“Ini enggak ramai kayak kemarin karena hari ini hujan. Sejumlah lokasi wisata yang dikunjungi itu Paralayang, kuliner, tubbing anak-anak. Ini agak berkurang karena hujan,” tutur dia.

Apin menyampaikan polisi dibantu sukarelawan dan organisasi masyarakat (ormas) mengatur lalu lintas. Dia menyampaikan arus lalu lintas dari dan menuju Ngargoyoso lancar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif