Jateng
Selasa, 27 Juni 2017 - 22:50 WIB

MUDIK 2017 : Organda Jateng Belum Lihat Arus Balik

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemudik dengan angkutan bus (JIBI/Bisnis/Dok.)

Mudik Lebaran 2017 dinyatakan Organda Jateng belum memasuki masa arus balik.

Semarangpos.com, SEMARANG — Organisasi Perusahaan Nasional Angkutan Bermotor di Jalan Raya (Organda) Jawa Tengah menyatakan hingga saat ini arus balik pada musim mudik Lebaran 2017 belum terasa. “Prediksi saya mulai tanggal 1 Juli arus balik baru akan terasa mengingat tanggal 3 Juli kan baru mulai hari kerja,” kata Wakil Ketua Organda Jawa Tengah Dedi Sudiardi di Semarang, Selasa.

Advertisement

Petinggi organisasi yang kepanjangannya kerap disebut Organisasi Angkutan Darat itu juga mengatakan pada puncak arus mudik lalu jumlah penumpang yang masuk ke Jateng mencapai 70.000 penumpang/hari, namun pada masa arus balik di musim mudik ini diprediksi bisa meningkat sebesar 5%. “Biasanya jumlah penumpang pada arus balik akan lebih besar karena banyak yang bawa saudara atau teman untuk mengadu nasib ke kota-kota besar,” katanya.

Menghadapi peningkatan jumlah penumpang tersebut, pihaknya sudah mengimbau pengelola angkutan umum untuk mempersiapkan armada cadangan, baik bus pariwisata maupun bus cadangan antar kota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antar provinsi (AKAP). Mengenai asal pemudik, Dedi mengatakan lebih dari setengah jumlah pemudik yang masuk ke Jawa Tengah berasal dari Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Mengenai pelayanan infrastruktur selama arus mudik, katanya, dalam kondisi baik dan jauh lebih baik dibandingkan dengan arus mudik pada Lebaran tahun 2016 lalu. “Kalau pada arus mudik tahun ini memang sempat ada kemacetan di jalan tol Brebes tetapi hanya sekitar 1 km,” katanya.

Advertisement

Untuk ketersediaan bahan bakar, menurut dia, juga dalam kondisi baik.

Dedi mengatakan banyak angkutan umum yang memanfaatkan SPBU mobile untuk pengisian bahan bakar pada musim mudik Lebaran 2017 ini. “Pada dasarnya hampir semua aspek sudah lebih baik dibandingkan tahun lalu. Mudah-mudahan pada arus balik mendatang tingkat kemacetan relatif lebih rendah karena hari libur kan masih panjang,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif