Jogja
Senin, 26 Juni 2017 - 22:40 WIB

KRATON JOGJA : Ngabekten Tahun Ini Dibagi Tiga Sesi

Redaksi Solopos.com  /  Galih Eko Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ngabekten Kraton Jogja, Kamis (7/7/2016) (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Selain Senin, ngabekten juga digelar pada Selasa (27/6/2017) untuk kalangan putri

Harianjogja.com, JOGJA—Tradisi ngabekten atau sungkem maaf lahir batin Idulfitri kepada raja di Kraton Jogja dibagi menjadi tiga sesi, Senin (26/6/2017).

Advertisement

Sesi pertama untuk kepala daerah dan kerabat, sesi kedua untuk abdi dalem berpangkat wedana dan sesi terakhir untuk wayah atau cucu dalem. Selain Senin, ngabekten juga digelar pada Selasa (27/6/2017) untuk kalangan putri.

Pisowanan Ngabekten Kakung atau putra dilaksanakan tiga periode, yaitu Ngabekten Hageng pukul 09.00 WIB yang diikuti KGPAA Paku Alam X, Kerabat Keraton, wali kota dan bupati se-DIY serta abdi dalem berpangkat bupati.

Setelah Ngabekten Hageng selesai, kemudian dilanjutkan Ngabekten Gangsal Jungan pukul 13.30 WIB. Ngabekten Gangsal Jungan khusus diperuntukkan bagi abdi dalem berpangkat wedana. Selepas para abdi dalem berpangkat wedana selesai sungkeman kepada Sri Sultan HB X, kemudian disambung dengan Ngabekten Dharah Dalem yang diikuti oleh cucu Sultan.

Advertisement

Pengageng Kawedanan Panitrapura, GKR Condrokirono, membenarkan jadwal tiga sesi untuk ngabekten kali ini. “Iya. Hari ini [Senin] ada tiga kali. Pukul 10.00 WIB untuk KGPAA Paku Alam X, mantu, sentana, bupati nayaka dan bupati kliwon. Pukul 13.00 WIB untuk pangkat wedana. Kalau pukul 15.00 WIB untuk wayah, buyut atau canggah,” paparnya, Senin.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif