Jogja
Minggu, 25 Juni 2017 - 06:20 WIB

PPDB 2017 : Siap-Siap, Pendaftaran di Gunungkidul Mulai Awal Juli

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pendaftaran Siswa SMK (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

PPDB 2017 untuk Gunungkidul dimulai sebentar lagi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul mulai menyiapkan proses pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2017-2018. Rencananya pedaftaran tersebut dilakukan pada awal Juli mendatang.

Advertisement

Sekretaris Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid mengatakan, proses PPDB di tahun ini berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya. Beberapa perbedaan tersebut antara lain, adanya pemberlakukan zonansi hingga pelakasaan PPDB untuk tingkat SMP menggunakan sistem online.
“Mulai tahun ini, kami juga tidak lagi menangani pendaftaran untuk tingkat SMA karena adanya proses perpindahan kewenangan ke provinsi,” kata Bahron, Jumat (23/6/2017).

Dia menjelaskan untuk pendaftaran tingkat Sekolah Dasar dan TK rencananya dilaksanakan pada 3-5 Juli mendatang. Sedang untuk tingkat SMP dilakukan mulai 10-13 Juli.

“Kami sudah mulai melakukan berbagai persiapan. Salah satunya melakukan simulasi pendaftaran online untuk tingkat SMP,” ujar mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah ini.

Advertisement

Disinggung mengenai masalah zonansi, Bahron mengakui adanya perbedaan cakupan antara tingkat SD dengan SMP. Untuk tingkat SD batasan zonansi dilakukan per desa, sedang tingkat SMP dilaksanakan per kecamatan.

Menurut dia, para siswa yang mendaftarkan sekolah asal akan mendapatkan poin tambahan sehingga memperbesar peluang untuk diterima di sekolah tersebut. Namun demikian, lanjut Bahron, tambahan nilai tersebut juga belum memberikan jaminan karena penetuan mengacu pada hasil komulasi nilai yang diperoleh.

“Jadi untuk penerimaan semua tergantung dengan nilai masih-masing pedaftar. Sedang nilai dari zonansi hanya sebagai tambahan,” ujar Bahron.

Advertisement

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah Gunungkidul Sukito. Menurut dia, pihaknya terus melakukan persiapan untuk pelaksanaan PPDB online di tingkat SMA dan sederajat. “Rencananya pendaftaran dilaksanakan pada 5-7 Juli mendatang,” katanya.

Dia mengungkapkan, meski pendaftaran masih beberapa hari lagi, namun untuk pengurusan penambahan nilai bagi siswa berprestasi hingga pengurusan SKTM. “Prosesnya pengajuan tambahan nilai sudah berlansung sejak 17 Juni lalu dan ditangani langsung oleh Disdikpora DIY. Jadi untuk perkembangannya ada di sana,” katanya lagi.

Untuk kesiapan dalam pelaksanaan PPDB, Sukito mengaku sudah memberikan bimbingan teknis kepada masing-masing operator sekolah. Diharapkan dengan bimbingan tersebut maka proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar.

“Mudah-mudahan semua berjalan lancar seperti pelaksanaan UNBK beberapa waktu lalu,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif