Jogja
Minggu, 25 Juni 2017 - 05:40 WIB

LEBARAN 2017 : Semalam, Sentolo-Wates Ramai Lancar di H-1

Redaksi Solopos.com  /  Galih Eko Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah personel Dinas Perhubungan Kulonprogo menghitung dan memantau jumlah kendaraan pada masa arus mudik Idulfitri 2017 di posko pantau, Jumat (23/6/2017). (JIBI/Harian Jogja/Uli Febriarni)

Mayoritas pelat nomornya dari luar kota sedangkan angkutan yang lalu lalang cuma beberapa

Harianjogja.com, KULONPROGO—Para pemudik yang melewati Jalan Jogja-Wates bisa sedikit bernapas lega karena kondisi jalan raya Sentolo-Wates ramai lancar pada Sabtu (24/6/2017) malam.

Advertisement

Jalur jalan nasional itu ramai lancar dari jalur menuju Kulonprogo maupun keluar dari Bumi Menoreh, sebutan Kulonprogo. Kendaraan yang lalu lalang didominasi mobil pribadi dan roda dua. Mayoritas pelat nomornya dari luar kota sedangkan angkutan yang lalu lalang cuma beberapa.

Ruas Jalan Nasional III di Wates juga ramai lancar. Mobil kendaraan pribadi berpelat nomor B, D dan W terlihat melalui Jalan Wates-Kulur, yang menjadi jalan alternatif ke Kecamatan Temon maupun ke Purworejo, Jawa Tengah. Jalan itu biasanya tidak seramai pada Sabtu.

Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kulonprogo Hermawan Udi Santoso mengatakan Kulonprogo bisa bebas macet dikarenakan adanya badan jalan yang lebar dan tersedianya beberapa jalur alternatif, salah satunya Jalan Jalur Lintas Selatan.

Advertisement

Terpantau dari posko pemantauan, terjadi lonjakan jumlah kendaraan yang masuk ke Kulonprogo sebesar 25% dibanding hari biasa. Sementara itu, bila membandingkan H-3 dan H-2, terjadi peningkatan jumlah kendaraan sebanyak 25%.

Pada Sabtu pukul 14.00 WIB, jumlah kendaraan yang masuk mencapai 16.089 kendaraan. Jumlah tersebut mengalami penurunan, dibanding Jumat (23/6) lalu, yang mencapai 16.277 pada jam yang sama. “Kendaraan yang melintas didominasi kendaraan pribadi dan roda dua,” ungkapnya, Sabtu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif