Soloraya
Minggu, 25 Juni 2017 - 09:45 WIB

LEBARAN 2017 : Berburu Oleh-Oleh Khas Solo di Pasar Klewer Bisa Jadi Pilihan Pemudik

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung berbelanja di los jajanan lantai II Pasar Klewer, belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Lebaran 2017, para pemudik yang ingin mencari oleh-oleh khas Solo bisa datang ke Lantai II Pasar Klewer.
Solopos.com, SOLO — Mengunjungi Pasar Klewer Solo bukan hanya bisa berbelanja pakaian. Intip, ampyang, aneka jenang dan jajanan tradisional lain pun tersedia di lantai II pasar sisi barat.
Pengunjung maupun pemudik dari luar kota bisa datang ke lokasi ini untuk mencari oleh-oleh khas Solo, terutama mulai Selasa (27/6/2017) besok karena pada Minggu-Senin (25-26/6/2017) para pedagang libur. Di lokasi los pedagang pelataran, khususya di sisi tengah, di antara los pakaian dan kuliner, beberapa lapak jajanan berjajar.
Berbagai jajanan seperti intip, ampyang atau gula kacang, grubi, geti, jenang dodol, bakpia dan sebagainya tersedia di lapak-lapak tersebut.  Menurut salah satu pedagang, Bu Temon, jajanan di Pasar Klewer harganya terjangkau.
Intip misalnya, satu biji ukuran besar harganya Rp7.500. Ampyang dijual dengan harga Rp30.000-Rp35.000 per kilogram. Sedangkan aneka jenang dijual mulai Rp25.000 per kilogram.
Setiap musim Lebaran, penjualan jajanan tersebut mengalami peningkatan. Selain untuk kebutuhan sajian Lebaran juga untuk oleh-oleh para pemudim.
Setelah Lebaran pun biasanya banyak pembeli yang datang. Tahun ini merupakan musim Lebaran pertama sejak para pedagang menempati bangunan Pasar Klewer sisi barat lantai II. Namun, saat ini jumlah pengunjung sudah cukup banyak.
“Saat ini konsumen sudah berdatangan. Kami sudah bertemu lagi dengan para pelanggan,” kata dia saat ditemui Solopos.com di Pasar Klewer, belum lama ini.
Meskipun penjualannya belum seramai Lebaran tahun-tahun sebelumnya, dia mengakui saat ini sudah lumayan bagus. Sejak awal Ramadan sudah ada peningkatan penjualan, khususnya jenang dodol. “Sehari ini sudah ada pembelian 15 kilogram,” kata dia.
Bu Temon berharap setelah Lebaran nanti Pasar Klewer akan banyak dikunjungi warga sehingga dapat meningkatkan penjualan.  Namun, seperti pedagang kios, pada hari H dan H+1 Lebaran, Minggu-Senin, dia libur berdagang. Ia akan kembali berdagang pada H+2 Lebaran, Selasa (27/6/2017). “Biasanya juga libur saat lebaran. Tahun ini juga seperti itu,” kata dia.
Pedagang jajanan Pasar Klewer lainnya, Darmi, juga berharap setelah Lebaran nanti jumlah pengunjung pasar meningkat. “Biasanya setelah Lebaran ramai pengunjung dan penjualan bisa dua kali lipat lebih banyak dari hari-hari biasa. Tapi ini lokasi baru, jadi belum tahu juga apakah nantinya juga ramai atau tidak. Semoga saja ramai,” kata dia saat ditemui Solopos.com di Pasar Klewer.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif