Jogja
Sabtu, 24 Juni 2017 - 22:22 WIB

LALU LINTAS GUNUNGKIDUL : Antisipasi Ceceran Solar Tumpah di Jalan, Bubuk Kayu Disiapkan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi polisi mengatur pembatas jalan. (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Lalu lintas Gunungkidul, bus yang lalu lalang dapat menimbulkan ceceran solar

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL —  Pihak kepolisian mewaspadai adanya solar tumpah di jalan yang membayakan pengguna jalan. Terlebih memasuki H-2 Hari Raya Idulfitri arus kendaraan di jalur utama Jalan Jogja-Wonosari sudah menglami peningkatan dibanding hari bisa.

Advertisement

Baca Juga : LALU LINTAS GUNUNGKIDUL : Waspadai Solar Tumpah di Jalan!

Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Samiyono  menilai solar tumpah di jalan sangat membayakan bagi pengguna jalan karena menyebabkan jalan licin. Oleh sebab itu pihaknya melakukan antisipasi dengan menyiapkan bubuk kayu untuk disebar di lokasi tumpahan solar.

Antisipasi tersebut dilakukan terlebih karena volume kendaraan di ruas jalan Jogja-Wonosari mulai meningkat. Kata dia sejak Jumat pagi terpantau sejumlah bus dan mobil pribadi yang memiliki nomor kendaraan luar daerah telah memasuki Gunungkidul.

Advertisement

“Hari ini volume kendaraan sudah meningkat dibandingkan hari kemarin kami. Kalau ada solar tumpah itu nanti bisa membahayakan bagi pengguna jalan. Makannya tadi langsung kami beri serbuk kayu agar tidak lagi licin,” jelas dia.

Sementara itu, meskipun volume kendaraan pemudik sudah mulai meningkat, sejumlah jalur alternatif yang telah disiapkan kini belum diaktifkan. Pasalnya jalan utama yakni jalan Jogja-Wonosari dinilai belum terlalu padat, hingga memperlukan pengaktifan jalur alternatif.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul, Syarief Armunanto mengatakan untuk menjaga keamanan di jalur mudik, pihaknya telah menyiapkan rambu lalu lintas tambahan. Selain itu pihaknya juga menyiagakan petugas di lapangan.

Advertisement

“Untuk keamanan jalur mudik sudah ada 23 pos pengamanan dan pelayanan di daerah-daerah yang rawan. Rambu lalu lintas tambahan juga sudah kami pasang,” kata dia

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif