Jateng
Sabtu, 24 Juni 2017 - 04:50 WIB

KECELAKAAN KUDUS : Bus Pemudik Tabrak Truk Tangki BBM

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan. (JIBI/Solopos/Dok.)

Kecelakaan yang melibatkan bus pemudik dan truk tangki BBM terjadi di Kudus.

Semarangpos.com, KUDUS — Bus New Aurel, Jumat (23/6/2017), mengalami kecelakaan di Jalan Lingkar Selatan Kaliwungu Kudus km 1, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Bus yang baru saja mengangkut rombongan pemudik itu menabrak truk tangki bahan bakar minyak (BBM) Pertamina.

Advertisement

Menurut kernet truk tangki BBM Pertamina, Sudarsono, kecelakaan terjadi sekitar pukul 12.30 WIB saat arus lalu lintas sedang sepi. Kecelakaan tersebut, katanya, berawal ketika truk yang ditumpanginya bersama sopir Wahono berjalan dari arah utara ke selatan atau menuju Semarang dengan kecepatan sedang.

Sesampai di tempat kejadian, kata dia, tiba-tiba bus berpelat nomor H 1717 BE yang dikemudian Supriyadi berjalan dari arah Semarang atau dari arah selatan oleng ke kanan kemudian menabrak badan tangki BBM. “Arah truk sempat dibanting ke kiri untuk menghindari tabrakan, namun bus masih menabrak bagian tangki sehingga mengalami kerusakan cukup parah,” ujarnya.

Akibat ditabrak bus itu, sambung dia, dua ban bagian kanan truk tangki juga terlepas. Ia menduga, sopir bus tanpa penumpang itu mengantuk, karena dari jarak jauh laju bus terlihat tidak stabil dan oleng ke kanan. “Jika tidak banting stir ke kiri, tentunya saya bersama sopir bisa mengalami luka serius,” ujarnya.

Advertisement

Akibat kecelakaan tersebut, dirinya mengalami luka pada pelipis mata karena terkena terbentur dashboard sehingga darah sempat mengucur dan mengotori seragam yang dikenakan. Sopir truk itu lebih beruntung, ia tidak mengalami luka serius. Beruntung, lanjut dia, saat kejadian truk dalam kondisi tidak mengangkut BBM karena sebelumnya telah mengantar Pertalite ke SPBU Peganjaran.

Kanit Laka Satlantas Polres Kudus Iptu Ngatmin mengungkapkan, akibat kecelakaan tersebut, terdapat dua orang mengalami luka-luka. Keduanya, yakni sopir bus bernama Supriyadi yang mengalami luka pada kepala dan kernet truk tangki BBM mengalami luka pada pelipisnya. Bus tersebut dalam kondisi tidak ada penumpangnya, karena rombongan pemudik dari Jakarta telah diantar ke Jogja.

Penyebab terjadinya kecelakaan, lanjut Ngatmin, karena diduga sopir bus mengantuk saat mengemudi, sehingga menabrak truk tangki bernopol H 1981 GS yang dikemudikan Wahono asal Semarang. Bus nahas yang merupakan bagian armada mudik Lebaran dari Kementerian Kesehatan itu mengalami kerusakan cukup parah pada bagian depan dan kaca bagian depan serta sisi kanan juga pecah berantakan.

Advertisement

Bus tersebut, sempat menabrak guardrail atau pagar pengaman kemudian tersangkut pohon, sehingga tidak sampai tercebur ke persawahan yang berada pada kedalaman 12 meteran.

Kasus kecelakaan tersebut merupakan yang kedua selama arus mudik Lebaran 2017di wilayah Polres Kudus, setelah sebelumnya terjadi kecelakaan serupa di jalur jalan Kudus-Pati km 11, Kecamatan Jekulo, Kabupate Kudus. Pada kasus kecelakaan pertama tersebut, melibatkan Bus Safari Dharma Raya jurusan Jakarta-Nusa Tenggara Barat dan mobil minibus. Kecelakaan itu mengakibatkan sopir dan penumpang mobil minibus meninggal dunia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif