News
Sabtu, 24 Juni 2017 - 17:00 WIB

Jelang Lebaran, Polisi Gagalkan Teror Bom di Masjidil Haram

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Masjidil Haram (Telegraph.co.uk)

Polisi Arab Saudi menggagalkan serangan teror di Masjidil Haram menjelang Lebaran.

Solopos.com, MEKAH – Kepolisian Arab Saudi menggagalkan serangan teroris di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Jumat (23/6/2017) waktu setempat.

Advertisement

Kejadian tersebut bermula dari aksi bom bunuh diri yang dilakukan seorang pria di sebuah bangunan di sekitar Masjidil Haram. Saat itu, ribuan muslim tengah berkumpul untuk menjalankan ibadah Salat Subuh Jumat pagi.

Dilansir Egyptian Streets, Sabtu (24/6/2017), aksi nekat tersebut menyebabkan 11 orang terluka, enam turis asing dan lima polisi Arab Saudi.

“Sebelum meledakkan diri, pria tersebut sempat terlibat baku tembak dengan pihak kepolisian yang mengetahui rencananya. Ledakan itu membuat bangunan tiga lantai itu hancur dan melukai 11 orang,” tutur juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Mansour Al Turki.

Advertisement

Petugas keamanan yang berjaga dengan sigap mengamankan lima orang yang diduga merupakan kawan dari pelaku.

“Petugas keamanan mencium gelagat mencurigakan dari beberapa orang yang ada di sekitar bangunan itu. Kami berhasil mengamankan lima orang yang diduga kawan pelaku. Salah satu di antaranya adalah seorang wanita. Dalam keadaan panik, pelaku menembaki petugas kami sebelum akhirnya meledakkan diri,” sambung Turki.

Sejauh ini, pihak kepolisian Arab Saudi menduga aksi tersebut awalnya direncanakan untuk meneror umat Islam yang beribadah di Masjidil Haram di akhir Ramadan. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi alasan pelaku melakukan aksi nekat tersebut.

Advertisement

Kendati demikian, teror serupa sering terjadi di Arab Saudi. Sejak akhir 2014, Arab Saudi telah menghadapi serangkaian teror yang diduga dilakukan oleh kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif