Jogja
Jumat, 23 Juni 2017 - 14:55 WIB

RAMADAN 2017 : Duh, Ikan Asin Berformalin Masih Beredar

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana inspeksi mendadak di pasar Pripih, Desa Hargomulyo, Kokap, Kamis (22/6/2017). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Empat hari menjelang Idul Fitri, ikan asin berformalin masih ditemui di pasar tradisional

 
Harianjogja.com, KULONPROGO-Empat hari menjelang Idul Fitri, ikan asin berformalin masih ditemui di pasar tradisional Pripih, Hargomulyo, Kokap, Kamis (22/6/2017).

Advertisement

Ikan asin tersebut disita tim sidak gabungan Dinas Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kulonprogo.

Sebanyak 25 sampel ikan asin berformalin tersebut, di antaranya terdiri dari dua jenis ikan, ikan teri tawar dan ikan blebekan. Melalui test kit formalin diketahui, kandungan bahan pengawet tersebut mencapai 20 ppm. Temuan ini kemudian langsung disita, untuk selanjutnya dimusnahkan, agar tidak dikonsumsi oleh warga.

Kepala Seksi Bina Usaha Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo, Leli Marwati mengungkapkan para pedagang tidak mengetahui jika ikan yang mereka jual tersebut mengandung formalin.

Advertisement

Sidak yang dilakukan di sejumlah pasar ini, merupakan kegiatan rutin. Bertujuan melindungi konsumen, dari bahan makanan mengandung zat kimia berbahaya, serta makanan kadaluarsa, yang masih dijual di pasaran.

Mengingat produsen mi berformalin tersebut dari luar Kulonprogo, maka pihaknya akan menindaklanjuti lewat penelusuran, dengan berkoordinasi bersama pihak terkait. Pelaku pemasok makanan mengandung zat berbahaya ini, terancam sanksi sesuai Undang-undang No.8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang No.18/2012 tentang pangan.

Salah satu pedagang, Budiasih mengaku dirinya tidak mengetahui bahwa ikan asin yang ia jual mengandung formalin. Terlebih ia hanya membelinya dari penjual di Pasar Beringharjo, Kota Jogja.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif