Jateng
Jumat, 23 Juni 2017 - 04:50 WIB

Mudik H-3 Lebaran 2017, Tol Bawen-Salatiga Belum Padat

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Antrean mobil membayar uang jasa penggunaan di ruas jalan tol Bawen-Salatiga menjelang gerbang tol Salatiga, Jateng Selasa (20/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Mudik H-3 Lebaran 2017 atau Kamis (22/6/2017), belum membuat jalan tol Bawen-Salatiga padat.

Semarangpos.com, SALATIGA — Jumlah kendaraan yang melintasi 17,6 km jalan tol Bawen-Salatiga ditengarai mengalami peningkatan pada H-3 Lebaran 2017, Kamis (22/6/2017). Meski demikian, arus lalu lintas di lokasi proyek pembangunan jalan bebas hambatan yang difungsikan sebagai jalur alternatif sepanjang musim mudik Lebaran 2017 tersebut masih lancar.

Advertisement

Ruas jalan tol Bawen-Salatiga yang merupakan bagian dari 72,6 km jalan tol Semarang – Solo itu memang belum rampung dibangun. Meski demikian, jalan bebas hambatan itu tetap difungsikan jika terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalur utama Semarang – Solo. “Saat ini masih lancar. Gerbang tol yang dioperasikan masih empat untuk jalur A [pintu keluar Salatiga] dan empat untuk jalur B [pintu keluar Bawen],” ujar Kepala Tim Urai Wilayah Bawen-Salatiga Ditlantas Polda Jateng Ipda Eko Heri.

Pihaknya terus memantau kondisi arus lalu lintas sebelum gerbang tol keluar Salatiga. Jika terjadi kepadatan arus kendaraan, maka gerbang tol keluar akan ditambah hingga maksimal enam untuk jalur A dan dua untuk jalur B.

Tim Urai Polda Jateng, ucap dia, akan menggunakan sistem buka tutup untuk pintu masuk di Bawen dan Tingkir, Salatiga jika terdapat antrean di gerbang keluar Salatiga. “Kalau padat, Bawen kami tutup dan Tingkir diberlakukan satu arah sampai habis kemacetannya,” kata Eko.

Advertisement

Metode tersebut telah dipersiapkan sebelum gerbang tol Bawen-Salatiga dibuka dan mulai difungsikan Kamis, karena terdapat peningkatan jumlah kendaraan. Selain ruas tol Bawen-Salatiga, arus mudik yang melewati Salatiga terpantau masih lancar dan diperkirakan puncaknya terjadi Jumat (23/6/2017).

“Saat ini masih lancar, puncaknya diperkirakan besok. Kelancaran arus daripada tahun kemarin lebih lancar tahun ini karena ada tol Bawen-Salatiga,” ujar Ketua Regu Posko Terminal Tingkir Salatiga Damsiri.

Didukung ruas tol Bawen-Salatiga, menurut Damsiri, arus jalan utama menjadi cukup lancar karena pemudik dengan tujuan Sragen, Karanggede, Gemolong dapat memanfaatkan tol itu langsung keluar Salatiga. Pihaknya mengimbau kepada pemudik agar menjaga kondisi kesehatan dan tidak memaksakan kondisi tubuh, saat lelah dianjurkan segera beristirahat.

Advertisement

Sejak dibuka 17 Juni 2017 hingga 22 Juni 2017 (pukul 14.00 WIB), tercatat 54.400 kendaraan keluar dari gerbang tol Salatiga dan sebanyak 17.617 kendaraan keluar dari gerbang tol Bawen.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif