Soloraya
Jumat, 23 Juni 2017 - 15:15 WIB

LEBARAN 2017 : Polresta Solo Imbau Takbiran Keliling Hanya di Jalan Kampung

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi takbir keliling. (Dok. JIBI/Solopos)

Lebaran 2017 akan dimeriahkan dengan takbir keliling.

Solopos.com, SOLO — Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo mengimbau kepada warga Solo agar tidak menggelar takbiran keliling di jalan utama di Kota Solo. Takbiran keliling disarankan digelar di jalan kampung agar tidak mengganggu kelancaran arus mudik Lebaran.

Advertisement

Menurut Kapolres, pihaknya tidak melarang warga Solo menggelar takbiran keliling pada malam Lebaran. “Kami sudah menyepakati soal aturan itu saat menggelar rakor [rapat koordinasi] pengamanan Lebaran bersama Pemkot Solo di Maporesta Solo awal Juni lalu,” ujar Ribut kepada wartawan di Mapolresta Solo, Jumat (23/6/2017).

Ia menjelaskan takbiran keliling dengan truk bak terbuka dapat membahayakan keselamatan. “Kami sudah berkoordinasi dengan FKUB [Forum Kerukunan Antar Umar Beragama] Kota agar memberitahu takmir masjid di Solo soal aturan itu,” kata dia.

Ia mengatakan Satlantas akan terjun ke lapangan mengawasi dan mengatur arus lalu lintas (lalin) selama malam takbiran.

Advertisement

“Kami sudah jauh hari melakukan sosialisasi kepada warga soal takbiran keliling di jalan kampung. Polresta Solo akan mengawasi realisasi di lapangan. Kalau mendapati kendaraan yang melanggar akan diberikan surat tilang,” kata dia.

Ketua FKUB Solo, Subari, mengatakan akan mematuhi hasil kesepakatan bersama saat rakor di Mapolresta Solo soal takbiran keliling. Setelah rakor langsung memberitahu semua takmir masjid di Kota solo agar menggelar takbiran keliling di jalan kampung.

“Kami tidak ingin saat pelaksanaan takbiran keliling mengganggu pemudik. FKUB akan ikut memantau di lapangan bersama Satlantas pada malam takbiran nanti,” kata dia.

Advertisement

Ia menambahkan hampir sebagian besar masjid di Kota Solo akan menggelar acara malam takbiran pada Sabtu (24/6/2017) malam.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif