Jogja
Jumat, 23 Juni 2017 - 22:20 WIB

LEBARAN 2017 : Hindari Kelangkaan, Pangkalan LPG Diwajibkan Buka

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji 3 kg (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Permintaan masyarakat terhadap LPG dipastikan bisa terpenuhi selama Lebaran ini

Harianjogja.com, JOGJA-Permintaan masyarakat terhadap LPG dipastikan bisa terpenuhi selama Lebaran ini. Pertamina bersama Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) sudah meminta beberapa pangkalan gas untuk tidak mengambil libur.

Advertisement

Ketua Hiswana Migas DIY Siswanto mengatakan, seluruh agen LPG di DIY diminta menunjuk lima pangkalan untuk tetap beroperasi selama Lebaran. “Seluruh agen di DIY harus membentuk lima pangkalan siaga. Nanti harus buka terus meski Lebaran,” katanya, Kamis (23/6/2017).

Ia mengatakan, jika di DIY ada 50 agen LPG, dengan demikian ada 250 pangkalan LPG yang siap melayani konsumen meski sedang libur Lebaran. Pangkalan yang ditunjuk adalah pangkalan yang menyediakan semua jenis LPG, mulai dari tabung melon 3 kg, Bright Gas 5,5 kg, sampai 12 kg.

Pihaknya berharap, jika persediaan gas melon habis, masyarakat bisa beralih pada jenis LPG lain yang lebih besar.

Advertisement

Siswanto menjelaskan, jika sampai kehabisan stok LPG 3 kg, masyarakat bisa menukarkan tabung melon menjadi Bright Gas. Untuk mendapatkan satu tabung Bright Gas lengkap dengan isinya, masyarakat bisa menukarkan dua tabung melon kosong ditambah uang Rp100.000.

Satgas siaga ini harus buka mulai H-7 sampai H+7 Lebaran. Siswanto menegaskan bahwa LPG 3kg hanya diberikan untuk masyarakat dan tidak boleh untuk kalangan pengecer.

Ida, salah satu pemilik agen LPG di Kasihan, Bantul, sudah menunjuk lima pangkalan yang ditugaskan untuk tetap buka saat Lebaran. Metode penunjukkan dilakukan dengan memilih pangkalan yang berkapasitas besar.

Advertisement

“Paling tidak, sebulan 2.000 tabung jadi punya alokasi tabung yang lebih,” katanya.

Ida memiliki 106 pangkalan yang tersebar di beberapa kecamatan di Bantul. Lima pangkalan yang dipilih pun tidak hanya terpusat di Kecamatan Kasihan tetapi tersebar di beberapa kecamatan agar masyarakat mudah untuk mengaksesnya.

Sementara itu, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV memastikan ketersediaan LPG selama masa Lebaran. Area Manager Communication and Relations PT Pertamina (Persero) MOR IV, Andar Titi Lestari mengatakan, Pertamina sudah  menyediakan 704 SPBU untuk menyediakan LPG dan 80 Agen Siaga yang tersebar di 40 kabupaten/kota di wilayah Jateng–DIY.

Advertisement
Kata Kunci : Elpiji 3 Kg Gas Elpiji
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif