Jogja
Jumat, 23 Juni 2017 - 22:55 WIB

KUNJUNGAN OBAMA : Saat Bertandang ke Jogja, Obama Kecil Tinggal di Rumah Ini

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Maya Soetoro, adik tiri Barack Obama saat berkunjung ke Museum Universitas Gadjah Mada (UGM). (dok. Humas UGM)

Kunjungan Obama ke Jogja direncanakan pada akhir Juni 2017

Harianjogja.com, JOGJA — Orang nomor satu di Amerika Serikat (AS), Barrack Obama memiliki hubungan yang cukup kuat dengan Indonesia. Ikatan ini terbentuk lantaran ibundanya, Ann Dunham, menikah dengan orang Indonesia, Dr. Soetoro. Di samping itu, Ann merupakan salah satu tokoh yang dinilai memiliki kontribusi besar untuk dunia antropologi.

Advertisement

Selama tinggal di Indonesia, Ann mendedikasikan diri untuk meneliti ilmu ekonomi antropologi di Jawa Tengah, khususnya microfinancing UKM. Berkat penelitian tersebut, perempuan kelahiran  Kansas, 29 November 1942 mendapat gelar Ph.D. bidang antropologi dari Universitas Hawaii, di bawah pengawasan Prof Alice G. Dewey untuk disertasi berjudul Peasant Blacksmithing in Indonesia: Surviving and Thriving Against All Odds [Pengrajin Pandai Besi di Indonesia : Bertahan dan Bertumbuh Melawan Kesulitan].

Guna mengumpulkan bahan untuk disertasi tersebut, Ann dan anaknya dari pernikahan pertama [Obama] dan kedua [adik tiri Barack Obama, Maya Soetoro] juga kerap bertandang ke Jogja. Selama di Jogja, mereka sering menghabiskan waktu di rumah dinas Iman Sutiknjo di Kompleks Bulaksumur, Universitas Gadjah Mada (UGM). Adapun Soetoro merupakan adik kandung dari istri Iman Sutiknjo.

Pada peringatan Dies Natalis UGM ke-64 tahun, tepatnya 19 Desember 2013, rumah dinas D-6 dan D-7 diresmikan sebagai Museum UGM. Bangunan tersebut dirancang sebagai sebagai “ruang pamer” perjuangan tokoh UGM seperti Prof. dr. Sardjito, Prof Notonagoro Mubyarto dan lainnya. Kehadiran Museum UGM diharapkan dapat menjadi sarana mengenal jati diri UGM itu sendiri.

Advertisement

Dari dua rumah tersebut, ada sebuah ruang di bangunan D-7 yang menjadi “saksi” kehidupan keluarga Obama. Pasalnya Obama kecil kerap menghabiskan libur panjang puasa (1967-1971) di tempat tersebut.

Terkait kunjungan Obama ke Jogja, sampai saat ini belum diketahui secara detil daerah mana saja yang akan dikunjungi. Namun, santer terdengar Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi keluarga tersebut.

Dan akahkah Obama beserta istri dan anak bernostalgia dengan mengunjungi “rumah masa kecil itu”? Kita tunggu saja kabar dari pria yang menyukai sate, nasi goreng dan bakso ini.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif