Jateng
Jumat, 23 Juni 2017 - 13:50 WIB

BI Prediksi Inflasi Jateng Juni-Juli 2017 Tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi atau deflasi. (academyft.com)

BI Jateng memprediksi inflasi Jateng Juni-Juli bakal terbilang tinggi karena dikatrol Lebaran 2017.

Semarangpos.com, SEMARANG — Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Tengah (Jateng) memprediksi inflasi Jateng bulan Juni dan Juli 2017 masih cukup tinggi. “Jika inflasi pada bulan Mei 2017 di level 0,53%, untuk bulan Juni 2017 di kisaran 0,7%-1%,” duga Kepala BI Kanwil Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo di Kota Semarang, Kamis (22/6/2017).

Advertisement

Ia mengatakan prediksi angka inflasi tersebut hampir sama dengan inflasi pada jelang Lebaran tahun lalu yaitu di level 0,93%. “Hasil dari ‘assessment’ kami menunjukkan angka relatif tinggi. Ini merupakan dampak dari kenaikan tarif listrik. Di Jateng sendiri banyak pelanggan listrik yang pascabayar, meski tarif listrik prabayar naik di bulan Mei tapi pascabayar baru dibayar di bulan Juni sehingga memberikan dampak terhadap inflasi,” katanya.

Selain tarif dasar listrik yang masuk dalam kelompok “administered price”, untuk kelompok lain yaitu “volatile foods” juga mememberikan kontribusi yang cukup tinggi yaitu di kisaran 1,2%-1,6%. “Kalau dari sisi komoditas untuk ‘volatile foods’ ini lebih ke sisi pangan, bisa holtikultura atau beras yang saat ini harganya sedikit mengalami kenaikan,” katanya.

Sedangkan untuk prediksi inflasi pada bulan Juli 2017 berada di kisaran 0,5%-0,9%. Ia mengatakan untuk faktor-faktor penyebabnya masih sama dengan bulan Juni 2017. “Karena Lebaran kan jatuh di akhir bulan Juni, sehingga efeknya masih terasa hingga bulan Juli,” katanya.

Advertisement

Sementara itu, untuk angka inflasi pada bulan Agustus diharapkan tidak setinggi bulan-bulan sebelumnya, seperti inflasi bulan Mei-Juli. “Sudah dirilis juga oleh pemerintah bahwa tidak akan ada kenaikan harga BBM dalam waktu dekat. Pemerintah akan menunda rencana kenaikan harga BBM,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : BI Jateng Inflasi Jateng
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif