Soloraya
Kamis, 22 Juni 2017 - 15:15 WIB

RAMADAN 2017 : Stok Darah PMI Karanganyar Cukup Meski Jumlah Donor Anjlok

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Karanganyar, Yaqub Iskandar, mengecek stok darah di salah satu lemari penyimpanan darah di PMI setempat, Kamis (22/6/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Jumlah donor darah selama Ramadan turun drastis ketimbang sebelumnya.

Solopos.com, KARANGANYAR – Jumlah donor darah di palang Merah Indonesia (PMI) Karanganyar anjlok selama Bulan Puasa tahun 2017. Namun demikian, stok darah di PMI setempat masih tergolong aman.

Advertisement

Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Karanganyar, Yaqub Iskandar, mengatakan berkurangnya jumlah donor selama Bulan Puasa sudah menjadi tren di PMI Bumi Intanpari dalam beberapa tahun terakhir.

Di bulan puasa, pendonor di UDD PMI Karanganyar hanya tersebar di empat lokasi. Kondisi tersebut sangat berbeda jauh dibandingkan sebelum puasa. Jumlah pendonor di luar bulan puasa tersebar di 15 lokasi. Darah yang tersedia di PMI Karanganyar terdiri dari golongan A, B, AB, dan O.

“Dilihat dari jumlah pendonor memang menurun. Di bulan puasa ini, kami memasikmalkan pendonor dari nonmuslim. Untuk angka persisnya saya tak hafal. Tapi, penurunan jumlah pendonor itu tak mempengaruhi stok darah di PMI Karanganyar.,” kata Yaqub Iskandar saat ditemui

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif