News
Kamis, 22 Juni 2017 - 20:30 WIB

Jumlah Kendaraan di Tol Cipali Melonjak 3x Lipat, Segera Sampai Pantura

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kendaraan pemudik memadati gerbang Tol Cipali-Palimanan (Cipali), Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Dedhez Anggara)

Jumlah kendaraan di Tol Cipali melonjak 3 kali lipat dari biasanya.

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah operator jalan tol mulai mencatat terjadinya lonjakan volume kendaraan di ruas-ruas tol operasional yang mengarah ke luar dari Ibu Kota pada H-4 arus mudik Lebaran 2017.

Advertisement

Wakil Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya Firdaus Azis menyatakan pihaknya mencatat volume lalu lintas di tol Cikopo—Palimanan khususnya yang melintasi Gerbang Tol (GT) Palimanan pada Kamis (22/6/2017) telah mencapai lebih dari tiga kali lipat lalu lintas harian rata-rata, yaitu mencapai 81.646 kendaraan.

Jumlah tersebut terdiri atas kendaraan yang ke luar tol Cipali melalui GT Palimanan ke arah Cirebon sebanyak 62.930 kendaaan. Sedangkan kendaraan yang melewati GT Palimanan ke arah Jakarta sebanyak 18.716 unit.

“Jumlah kendaraan yang melintas keluar dan masuk Tol Cipali melalui GT Palimanan hingga pagi ini bahkan mencapai lebih dari 3x lipat normal. Adapun pada kondisi normal kendaraan yang keluar masuk tol Cipali melalui GT Palimanan tercatat 26.000 unit. Dengan demikian pada pagi ini kami mengoperasikan 24 gardu di GT Palimanan Utama untuk memperlancar arus kendaraan,” ujarnya, Kamis.

Advertisement

Dia menambahkan, LMS menyiapkan parking bay atau tempat peristirahatan sementara yang dilengkapi fasilitas tempat ibadah dan toilet. Titik-titik tersebut ada di Cikopo (bekas gerbang tol Cikopo di KM 78 A arah Cirebon dan KM 78 B arah Jakarta), dan KM 153+400 A (arah Cirebon), dan KM 155+200 B (arah Jakarta).

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru menyatakan, sebanyak 116.000 kendaraan telah meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama di jalan tol Jakarta—Cikampek yang dioperasikan perseroan. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 49% dari Lalulintas Harian Rata-Rata (LHR) Normal sebanyak 77.000 kendaraan.

“Kami mencermati tiga hari ini terlihat kenaikan volume lalu lintas di GT Cikarang Utama. Jika Senin, lalu lintas mencapai 100, Selasa 108.000, dan Rabu kemarin mencapai 116.000,” ujarnya.

Advertisement

Dia pun memperkirakan, peningkatan volume kendaraan akan terus terjadi menjelang puncak arus mudik, yang diprediksi terjadi pada Kamis dengan volume lalu lintas mencapai 120.000 kendaraan.

Secara umum, Jasa Marga juga memprediksi peningkatan volume kendaraan sebesar 5,32% dibandingkan periode lebaran tahun lalu, yaitu sebesar 1,57 juta kendaraan dari tahun sebelumnya yang mencapai 1,49 juta kendaraan. “Kami berharap pengguna jalan dapat mematuhi rambu dan arahan petugas khususnya saat terjadi pengalihan arus lalu lintas,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif